Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Muncul (Error ETAX-60001 Tidak Dapat Melakukan Import Data) Saat Import Database e-Faktur dari Kantor Pajak

Sebelum saya masuk pembahasan mengenai munculnya error ETAX-60001 saya akan membahas kenapa bisa muncul error ETAX-60001. Mungkin saat ini anda akan melakukan import database e-faktur yang anda dapatkan dari kantor pelayanan pajak. Anda mendapat database e-faktur karena aplikasi e-faktur sebelumnya mengalami permasalahan atau kerusahan yang mengakibatkan anda mengajukan permohonan database ke Kantor Pelayanan Pajak. Setelah anda mendapat database dan mengecek isinya ternyata dalam bentuk winRAR ZIP Archive. 


Saat anda mencoba membuka database beformat winRAR ZIP yang anda peroleh dari Kantor Pelayanan Pajak ternyata dipassword. Anda pasti bingung kan? Ternyata memang database tersebut tidak perlu dibuka atau anda ekstrak seperti kebanyakan file format Winrar ZIP. Data tersebut langsung saja anda importkan ke dalam aplikasi e-faktur. Tentunya anda tau caranya mengimport data tersebut sehingga di aplikasi e-faktur muncul error error ETAX-60001. Setelah melakukan import anda malah tambah bingung kok muncul error.


Sudah saya jelaskan proses kenapa dapat muncul error ETAX-60001 langsung lanjut ke permasalahan. Dari permasalahan munculnya error ETAX-60001 dengan keterangan tidak dapat melakukan import data, yang pertama kali kita lakukan adalah mengecek penyebab dari kode ETAX-60001 di TABEL KODE ERROR-ETAX XXXXX. Jika tidak ada dalam daftar berarti anda disuruh untuk menganalisa dan mencari solusinya. Tenang, solusinya adalah patch ulang sertifikat elektronik anda ke dalam aplikasi e-faktur. Caranya masuk menu Referensi-Administrasi Sertifikat. Cari lokasi sertifikat elektronik dan masukkan passphrase yang telah dimiliki. Setelah sukses, cobalah import database kembali. Semoga berhasil.

10 comments for "Muncul (Error ETAX-60001 Tidak Dapat Melakukan Import Data) Saat Import Database e-Faktur dari Kantor Pajak"

  1. kami sudah melakukan nya bisa jalan tetapi hasilnya gagal. mohon petunjuknya lebih lanjut. terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gagalnya keterangan apa mas? Apa masih sama eta-60001?

      Delete
  2. Kok masih gagal tetap muncul etax-60001 solusinya

    ReplyDelete
  3. @Joko Susilo > sertifikat elektroniknya belm kadaluarsa? coba lagi..

    ReplyDelete
  4. Sudah di coba berkali-kali tp gak bisa
    Sertifikat baru di perpanjangan

    ReplyDelete
  5. @Joko Susilo > kalau sudah import sertifikat baru tetapi tetap tidak berhasil dan muncul error yang sama lagi, coba datang ke KPP untuk memastikan data yang diminta atau meminta ulang databasenya. Bisa jadi data yang diberikan KPP bermasalah.

    ReplyDelete
  6. saya juga pernah mengalami hal tersebut, saya kira juga gara2 data zip pemberian kpp , terus saya coba downdate sertifikatnya. Baru mau. Ternyata data yang diimport mengikuti masa sertifikat itu berlaku, jika data itu berada di masa sertifikat lama, maka coba update sertifikat mundur kebelakang

    ReplyDelete
  7. kalau sudah masukin passPrhrase tapi yang berhasil hanya beberapa faktur saja gimana ya solusinya....jadi kasusnya dari 6600 faktur hanya 300 faktur yang berhasil.


    sertifikat elektonik sudah perpanjang April 2017.

    ReplyDelete
  8. Sudah administrasi sertifikat yg baru, masih muncul 60002 dan 60001, kenapa ya?

    ReplyDelete
  9. coba ganti aplikasi e-fakturnya dengan download baru e-faktur lalu folder dbnya dipindahkan. Import sertifikat elektronik efakturnya.

    Setelah itu baru import data efakturnya

    ReplyDelete