e-Nofa Online Direktorat Jenderal Pajak : Ganti Password dan Email

e-Nofa Online merupakan salah satu aplikasi berbasis website yang dimiliki oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP) yang sejatinya memiliki peranan penting untuk kegiatan PKP dalam mengoperasikan aplikasi e-faktur. Alamat website tersebut adalah https://efaktur.pajak.go.id. Telah saya jelaskan pada artikel sebelumnya mengenai Fungsi Menu di Aplikasi e-Nofa Online. Mulai dari permintaan nomor seri faktur online hingga reset aplikasi client e-faktur ada menunya di e-nofa online.

Cara Ubah Password dan Email di e-Nofa Online
Cara Ubah Password dan Email di e-Nofa Online

Pembahasan kali ini berkaitan dengan password dan email yang terdapat dalam profil e-nofa online. Untuk password yang dimaksud adalah password e-nofa yang digunakan untuk melakukan starting uploader di aplikasi e-faktur agar dapat upload faktur. Password e-nofa online sendiri semua yang diperoleh oleh PKP berupa kombinasi huruf dan angka dan sensitive case harus sama persis ketika input password. Dengan jumlah karakter 10digit dan kombinasi huruf serta angka, bagi PKP mungkin termasuk kriteria password yang susah diingat sehingga perlu perubahan password.

Cara merubah password e-nofa, login pada website e-nofa kemudian masuk menu profile user - Ganti password - Masukkan password saat ini dan password terbaru - klik update password akan berubah. Untuk pengaturan password tidak dilakukan secara tertulis, sebaiknya minimal 6 digit dengan kriteria yang mudah dihafal.

Sedangkan untuk email yang terdapat di profil e-nofa online adalah sebagai persyaratan untuk kegiatan administrasi yang berkaitan e-faktur. Maksud dari administrasi adalah segala bentuk permohonan atau informasi yang berkaitan dengan e-faktur yang bersifat online akan dikirim ke alamat email tersebut. Jadi diusahakan untul email harus yang masih aktif atau sering digunakan agar memudahkan proses administrasi nantinya. Fungsi lainnya adalah apabila lupa password e-nofa online, email digunakan sebagai alat bantu untuk verifikasi. Untuk menggantinya sangat mudah login di website e-nofa online - menu profile user-ubah email - akan diminta memasukkan email utama dan email alternatif. Klik update maka alamat email akan berubah. Demikian, semoga bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »