Error eSPT : Unable To Create DSN. Aplikasi eSPT PPh Pasal 4 Ayat 2

Ketika telah selesai melakukan install aplikasi eSPT PPh Pasal 4 Ayat 2 tentunya akan segera menggunakan untuk melaporkan SPT Masa PPh Pasal 4 Ayat 2. Proses Instalasi berjalan lancar tanpa ada notifikasi error. Anda sebagai pengguna tentu merasa senang sudah bisa instal aplikasi eSPT PPh Pasal 4 Ayat 2.

Namun, hal yang tak terduga tiba-tiba terjadi saat akan membuka aplikasi eSPT untuk pertama kali. Muncul notifikasi error Unable To Create DSN. Bingung kan? Notifikasi error Unable To Create DSN muncul diakibatkan oleh Aplikasi eSPT hanya dapat dijalankan di login administrator karena secara default Data Sources (ODBC) hanya dapat diubah dalam login administrator. Disamping itu aplikasi eSPT menggunakan database/Data Sources (ODBC) sehingga login yang dibuat di user administrator tidak dapat dibuka oleh login user lain. Oleh karena itu saat pertama kali membuka eSPT dengan login non Administrator akan muncul error Unable To Create DSN. 

Unable To Create DSN
Solusi Unable To Create DSN eSPT

Tenang, solusinya mudah. Buka aplikasi eSPT di all program atau di (C:) Program Files-DJP-Pilih eSPT PPh 4(2), arahkan cursor ke icon aplikasi yang akan dibuka, kemudian klik kanan "Run as administrator" hingga aplikasi muncul keterangan SELAMAT DATANG DI APLIKASI eSPT PPh Pasal 4 Ayat (2) V1.0. Menandakan bahwa aplikasi eSPT siap digunakan. Untuk selanjutnya ketika membuka aplikasi eSPT tidak perlu klik "Run as administrator".  Cukup simple, semoga bermanfaat.
Error eSPT : Unable To Create DSN. Aplikasi eSPT PPh Pasal 4 Ayat 2 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Triwibowo

5 comments:

Pengguna e-SPT said...

Thanks untuk pencerahannya.

Triwibowo said...

Samasama :)

Zuniyar Juni said...

Alhamdulillah... thank u so much
mdh2an next masih bisa membantu saya..

David Prawira said...

Permisi itu ngubah NPWP Profilenya gimana ya?

Triwibowo said...

@Zuniyar juni > Samasama, senang bisa membantu

@David Prawira > Jika merubah NPWP Profil tidak bisa langsung pak di aplikasi karena sudah paten di awal, harus dengan menambah database baru lalu isi dengan NPWP lain.

Post a Comment