Solusi e-Faktur Error ETAX 20044 SPT Kurang Bayar

Pada akhir bulan Kantor Pelayanan Pajak pasti selalu rame akan wajib pajak, terutama Pengusaha Kena Pajak (PKP). Hal ini berkaitan dengan batas akhir pelaporan SPT Masa PPN 1111. Bagi anda yang sering laporan SPT Masa PPN 1111 usahakan jangan mepet waktu akhir pelaporan, agar saat terjadi error waktu load SPT ke sistem DJP atau buat SPT di aplikasi e-faktur anda tidak bingung.

Seperti yang penah dialami oleh salah satu wajib pajak, pada akhir bulan akan melaporkan SPT Masa PPN 1111 terkendala error di aplikasi e-faktur. Saat akan melaporkan SPT tentunya harus membuat SPT di aplikasi e-faktur. Pada saat posting berhasil, akan tetapi saat akan membuat file CSV dan file PDF sebagai syarat pelaporan SPT PPN 1111, aplikasi muncul error. Error tersebut adalah error ETAX 20044 dengan keterangan SPT Kurang Bayar.

error ETAX 20044
error ETAX 20044

Sebagai PKP yang biasa melaporkan SPT Masa PPN 1111 dengan SPT nihil tentunya bingung saat mendapatkan keterangan ETAX 20044. Padahal setelah dicek ada transaksi di e-faktur yang memang menjadikan SPT kurang bayar. Solusinya adalah lakukan pembayaran atas kurang bayar tersebut, kemudian rekam SSP di SPT.

Lakukan perekaman SSP yang sudah anda bayarkan ke Bank atau Pos Persepsi ke dalam SPT yang akan anda laporkan. Caranya, login aplikasi e-faktur kemudian pilih atau buka SPT yang akan anda laporkan dan mengalami error ETAX 20044. Setelah itu masuk pada SPT Induk 1111, pada bagian II huruf G SSP, masukkan pembayaran anda dan harus sama dengan jumlah Kurang bayar yang sudah tertera. Terutama adalah terdapat NTPN hasil pembayaran.

Apabila sudah input SSP, cobalah buat SPT yaitu CSV dan PDF kembali. Apabila sudah sesuai pembayaran dengan jumlah kurang bayar seharusnya bisa. Demikian, semoga bermanfaat.
Solusi e-Faktur Error ETAX 20044 SPT Kurang Bayar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Triwibowo

11 comments:

Ceria Multimedia said...

terima kasih atas bimbingannya, sy mengalami hal ini dan sudah beres

sewa alat interpreter

Anrirna said...

Mohon pecerahannya..sy buat efaktur yg pajaknya dipotong oleh bendahara dinas tp setelah sy buat file csvnya muncul etax 20044...bgmna solusinya?terima kasih

Triwibowo said...

@anrima > mohon dicek kembali faktur pajaknya, apakah kodenya benar kepada bendaharawan pemerintah?

Anrirna said...

Tribowo _ terima kasih atas sarannya..ternyata benar salah kode

Triwibowo said...

@anrirna > samasama, senang bisa membantu

Zikrurrahman 17 said...

Salam,,,
Mohon bantuannya mas krn saya baru pertama kali mengeluarkan faktur pajak...
Saya pernah buat 2 buah faktur pajak waktu mau melakukan penarikan termin pengadaan jasa...
Yang ingin saya tanyakan ketika saya mau buat file csv tiba - tiba keluat error yang menjelaskan bahwa saya kurang bayar...
Seingat saya uang jasa yang dibayarkan dan masuk ke rekening perusahaan saya PPN nya telah dipotong... Terima Kasih

Triwibowo said...

@Zikrurrahman > cek kembeli rekan kode transaksinya, apakah ke bendaharawan pemerintah atau bukan? Jadi kalau salah kode bisa menyebabkan KB

shynta wulan said...

Mkasih mas sangat membantu :) sekarang sudah beres

Triwibowo said...

Samasama senang bisa membantu :)

Denni x Adipura said...

Kenapa saya sudah input SSP kurang bayar sesuai dengan tanggal dan nilai PPN nya tapi kenapa pada saat di simpan error. kode nya ETAX-40001 pada efaktur versi 2.00

Triwibowo said...

@Denni x Adiputra > pastikan NTPN yang diinput sudah benar. Pastikan juga terhubung dengan internet, aktifkan uploader untuk memastikan efaktur terhubung dengan internet.

Post a Comment