Cara Mengganti Penandatangan e-Faktur

Mungkin bagi sebagian wajib pajak terutama PKP ada yang belum memahami prinsip yang ada di aplikasi e-faktur yang berkaitan dengan penandatanganan e-faktur. Prinsip aplikasi e-faktur, yang dapat mengupload faktur pajak adalah yang menandatangai e-faktur. Siapa yang menandatangai? Yang menandatangani faktur pajak di aplikasi e-faktur adalah pejabat yang sudah didaftarkan kepada Direktorat Penderal Pajak. Selain itu juga merupakan pegawai atau user yang diberikan previleges sebagai admin utama.

Disamping itu, yang akan tertera dalam e-faktur adalah yang anda daftarkan saat masukkan nama lengkap di daftar user saat registrasi aplikasi e-faktur. Penandatanganan e-faktur juga terpaku pada menu Management Upload - Profil PKP bagian penandatanganan.

Cara Mengganti Penandatangan e-Faktur

Cara merubah penandatanganan e-faktur sebenarnya cukup simpel. Yang perlu anda lakukan adalah daftarkan pejabat, pegawai dan/atau pengurus perusahaaan yang telah ditunjuk sebagai penandatanganan e-faktur ke Direktorat Jenderal Pajak. Silahkan datang ke KPP tempat anda terdaftar untuk mendaftarkan.

Setelah orang yang sudah ditunjuk sebagai penandatangan e-faktur terdaftar resmi di Direktorat Jenderal Pajak selanjutnya anda perlu merubahnya di aplikasi e-faktur. Silahkan masuk menu Referensi - Administrasi User - Pilih user admin utama dan klik ubah user. Silahkan ubah nama lengkap user dengan penandatangan yang baru kemudian klik daftarkan user.

Cara Mengganti Penandatangan e-Faktur
Cara Mengganti Penandatangan e-Faktur

Setelah itu anda harus merubah juga profil PKP di menu Management Upload - Profil PKP - Penandatanganan. Jika keduanya sudah anda rubah maka penandatanganan e-faktur anda akan berubah dengan yang baru dan barusan anda daftarkan.

Yang harus anda perhatikan juga adalah nama penandatangan yang sudah salah atau terlanjur sukses upload sudah tidak bisa dirubah. Salah satu cara untuk merubahnya, anda harus membuat faktur pajak pengganti. 

Apabila setelah anda merubah penandatangan e-faktur dan anda mempreview faktur tersebut, yang keluar tetap nama penandatanganan yang lama atau nama Perusahaan tidak usah khawatir. Hal tersebut karena belum anda upload dan status belum approval sukses oleh Direktorat Jenderal Pajak. Setelah faktur anda upload dan status approval sukses maka penandatangan akan berubah sesuai dengan yang anda rubah atau yang ditunjuk. Demikian, semoga bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

4 comments

comments
2 February 2017 at 04:47 delete

TERIMA KASIH TAK TERHINGGA, AKHIRNYA KAMI DAPAT MENGGANTI PENANDATANGAN E-FAKTUR PAJAK TANPA HARUS DATANG KE KPP. SEMOGA ALLAH S.W.T. MEMBALAS KEBAIKAN ANDA, AMIN, AMIN, AMIN, YAA RABBAL 'ALAMIIN

Reply
avatar
2 February 2017 at 09:44 delete

Aamiin Ya Raobbalalamin, terima kasih juga pak. Senang bisa membantu

Reply
avatar
1 March 2017 at 17:20 delete

sangat membantu untuk menambah pengetahuan bagi yang baru menggunakan e faktur tanpa harus datang langsung ke kpp .
terima kasih admin .

Reply
avatar
2 March 2017 at 07:38 delete

samasama mas, senang bisa membantu :)

Reply
avatar