Solusi Lupa Password dan Lupa Email DJPonline

Periode januari sampai dengan maret 2017 merupakan periode dimana wajib pajak yang statusnya sebagai Orang Pribadi wajib menyampaikan laporan SPT Tahunan Tahun Pajak 2016. Ada persyaratan yang mengharuskan penyampaian SPT tahunan pajak penghasilan wajib pajak orang pribadi oleh Aparatur Sipil Negara (ASN)/Anggota Tentara Nasional Indonesia/Kepolisian Republik Indonesia melalui e-filing. Hal tersebut tertuang dalam Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2015.

Dengan diwajibkannya ASN melakukan pelaporan SPT Tahunan secara e-filling maka tentunya Direktorat Jenderal Pajak telah menyediakan media e-filling yang memang mencakup kebutuhan dan kemudahan. DJPonline merupkan aplikasi yang oleh Direktorat Jenderal Pajak diluncurkan sebagai sarana laporan SPT Tahunan secara e-filling.

Yang namanya aplikasi berbasis online dan berisikan data-data pribadi wajib pajak tentunya aplikasi DJPonline terdapat sistem security. Sebelum anda mendaftar saja harus menggunakan dan aktivasi EFIN. Ditambah harus menggunakan email yang aktif dan membuat password untuk akun DJPonline.

Dengan adanya security atau keamanan sistem di DJPonline, seringkali yang dialamai oleh petugas pajak yang menangani e-filling SPT Tahunan adalah lupa password. Bahkan yang lebih hebohnya lagi sampai lupa email. Tetapi Direktorat Jenderal Pajak selaku pemilik otoritas e-filling memberikan fasilitas yang bisa dibilang memudahkan wajib pajak jika terjadi lupa email dan lupa password.

Cara reset password dan email DJPonline
Cara reset password dan email DJPonline
Bagi anda yang sedang mengalami lupa password DJP online dan/atau lupa email DJPonline silahkan buka alamat DJPonline di djponline.pajak.go.id dan pilih Lupa password? reset  atau klik di sini. Jika anda sudah berhasil masuk dalam menu lupa password, disana anda diminta memasukkan NPWP dan EFIN (bersifat wajib). Jika anda lupa email silahkan centang "Ya" maka anda diminta memasukkan alamat email yang baru.

Jika anda lupa email dan mengubah email, maka password akan dikirimkan ke email anda yang baru, dan email tersebut selanjutnya akan digunakan oleh sistem untuk mengirimkan pesan. Jadi, segala aktivitas anda di DJPonline silahkan gunakan email yang baru.
Contoh email dari efiling@pajak.go.id untuk djponline
Contoh email dari efiling@pajak.go.id
Apabila anda lupa EFIN silahkan menghubungi KPP terdekat, tidak harus KPP terdaftar untuk melihat sekaligus pencetakan kembali EFIN anda. Selanjutnya, jika reset lupa password maupun email DJPonline yang anda lakukan telah sukses, maka akan muncul notifikasi "Request succeed, Link reset password telah dikirim ke email anda".

Silahkan cek kotak masuk email anda dan pastikan terdapat email masuk dari efiling@pajak.go.id. Klik link reset password yang sudah dikirimkan (lihat gambar). Masukkan password anda yang baru yang lebih aman dan mudah anda ingat. Demikian, semoga bermanfaat. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Solusi Lupa Password dan Lupa Email DJPonline"

Post a Comment