Cara Filter Masa Pajak di Aplikasi e-Faktur

Bagi anda yang merupakan Pengusaha Kena Pajak atau sering disebut PKP, banyaknya penerbitan e-faktur pajak merupakan suatu keberkahan sekaligus siap-siap untuk pusing. Bagaimana tidak, dalam satu hari dapat menerbitkan seratus hingga ribuan e-faktur kepada lawan transaksi. Pasti ada saja kendala yang dihadapi.

Banyaknya e-faktur yang diterbitkan membuat anda harus pandai-pandai dalam mengatur administrasi Pajak Keluaran di aplikasi e-faktur. Meskpiun sudah gampang, karena sudah berbasis aplikasi kalau tidak mengerti tips dan caranya ya bisa kualahan pastinya.

Salah satu tips di aplikasi e-faktur yang perlu anda ketahui adalah, cara filter masa pajak di aplikasi e-faktur baik pajak keluaran, pajak masukan, dan retur. Apabila terdapat banyak e-faktur yang diterbitkan masak iya harus melihat dan menghitung secara manual? Alangkah baiknya, anda lakukan dengan memfilter berdasarkan masa pajak.
Cara memfilter masa pajak keluaran e-faktur
Cara memfilter masa pajak keluaran e-faktur
Saya akan memberikan contoh cara memfilter pajak keluaran dengan masa pajak Februari atau masa 2 Tahun 2016. Pilih menu Faktur kemudian pilih Pajak Keluaran dan Administrasi Faktur. Untuk memfilter silahkan klik [F4] Filter atau langsung saja tekan tombol F4 pada keyboard.

Akan muncul kotak dialog Filter Engine, untuk bagian operator biarkan saja tetap "=". Klik field yang akan anda filter, misalnya saya mencontohkan Masa. Ketikkan Nilai Pembandingnya misalnya masa 2, saya akan ketik 2 dan langsung klik "AND" lalu Simpan.

Selanjutnya akan tampil faktur pajak seluruh masa Februari atau 2, apabila anda ingin tahun 2016 saja silahkan tambah Field filternya dengan memilih Tahun ketikkan 2016 pilih "AND" kembali. Terakhir adalah simpan. Hasilnya yang akan tampil adalah masa pajak Februari tahun 2016.

Catatan penting juga, apabila anda akan mengembalikan tanpa format filter silahkan hapus pada bagian Filter Query pilih yang akan dihapus dan langsung klik "DEL". Jangan sampai lupa klik simpan. Demikian, semoga bermanfaat.
Cara Filter Masa Pajak di Aplikasi e-Faktur Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Triwibowo

No comments:

Post a Comment