Cara Pembetulan SPT Masa PPN e-Faktur

Melakukan pembetulan SPT Masa PPN di aplikasi e-faktur banyak juga yang masih ditanyakan oleh wajib pajak. Untuk pembetulan SPT Masa PPN memang sudah ada aturannya dan diperbolehkan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP) sepanjang sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Sebelum memasuki cara melakukan pembetulan SPT Masa PPN e-faktur, alangkah baiknya membahas dasar hukum yang digunakan. Untuk memudahkan dalam melakukan pembetulan SPT Masa PPN baca terlebih dahulu Peraturan Direktur Jenderal Pajak nomor PER-29/PJ/2015 Tentang Bentuk, Isi, Dan Tata Cara Pengisian Serta Penyampaian Surat Pemberitahuan Masa Pajak Pertambahan Nilai (SPT Masa PPN).
Baca juga : Cara Buat SPT Masa PPN Nihil di e-Faktur
Pasal 12 PER-29/PJ/2015
  1. Dalam hal PKP melakukan pembetulan SPT Masa PPN 1111 untuk Masa Pajak Januari 2011 dan/atau Masa Pajak setelah Januari 2011, untuk : SPT Masa PPN 1111 yang disampaikan dalam bentuk dokumen elektronik, SPT Masa PPN Pembetulan dilampiri dengan seluruh Lampiran SPT dalam bentuk dokumen elektronik
  2. SPT Masa PPN 1111 yang disampaikan dalam bentuk formulir kertas (hard copy), SPT Masa PPN Pembetulan cukup dilampiri dengan Lampiran SPT yang dibetulkan

Pasal 13 PER-29/PJ/2015
  1. Dalam hal PKP melakukan pembetulan SPT Masa PPN untuk Masa Pajak sebelum Masa Pajak Januari 2011, pembetulan dilakukan dengan menggunakan formulir SPT Masa PPN yang sama dengan formulir SPT Masa PPN yang dibetulkan.
  2. Pembetulan SPT Masa PPN untuk Masa Pajak sebelum Masa Pajak Januari 2011 sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dapat dilakukan PKP sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan perpajakan.
Pasal 14 PER-29/PJ/2015
  • Tata cara pembetulan SPT Masa PPN akibat adanya penggantian Faktur Pajak yang dilakukan setelah Masa Pajak April 2013 atas Faktur Pajak yang diterbitkan sebelum Masa Pajak April 2013 mengikuti ketentuan sebagaimana diatur dalam Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor PER-24/PJ/2012 tentang Bentuk, Ukuran, Tata Cara Pengisian Keterangan, Prosedur Pemberitahuan dalam rangka Pembuatan, Tata Cara Pembetulan atau Penggantian, dan Tata Cara Pembatalan Faktur Pajak dan perubahannya
Pasal 15 PER-29/PJ/2015
  • Dalam hal PKP adalah PKP yang diwajibkan membuat e-Faktur sebagaimana dimaksud dalam Pasal 5 melakukan pembetulan SPT Masa PPN untuk Masa Pajak sebelum Masa Pajak dimulainya kewajiban membuat e-Faktur, pembetulan dilakukan dengan menggunakan formulir SPT Masa PPN yang sama dengan formulir SPT Masa PPN yang dibetulkan.

Cara Pembetulan SPT Masa PPN e-Faktur

Setelah membaca sekilas tentang aturan terkait pembetulan SPT Masa PPN, tentunya akan memudahkan untuk melangkah dan praktik di aplikasi e-faktur. Penyebab wajib pajak melakukan pembetulan SPT Masa PPN adalah adanya faktur pajak pengganti, retur, pembatalan faktur, dan terlambat menerbitkan faktur pajak. Kebanyakan alasan yang diutarakan oleh wajib pajak karena adanya faktur pajak pengganti.
Posting SPT Masa PPN Pembetulan 1 di e-Faktur
Posting SPT Masa PPN Pembetulan 1 di e-Faktur
Langsung saja, login aplikasi e-faktur dan pilih menu SPT. Selanjutnya pilih menu posting. Silahkan buat pembetulan SPT Masa PPN yang akan anda betulkan, misalnya dalam tutorial ini saya contohkan pembetulan 1 masa pajak 8 tahun 2016. Cek jumlah dokumen PKPM, pastikan sudah sesuai. Langsung saja klik posting hingga muncul notifikasi "Data SPT berhasil dibentuk".

Setelah SPT Masa 8 tahun 2016 pembetulan 1 berhasil dibentuk, masuk menu SPT lagi dan pilih Buka SPT. Klik SPT pembetulan tersebut dan pilih Buka SPT untuk diubah.

Masuk formulir induk 1111, cek setiap bagian yang sekiranya anda betulkan. Cek bagian II, apakah ada PPN kurang atau (lebih) bayar karena pembetulan? Jika iya silahkan lakukan pembayaran atas kurang bayar tersebut dan masukkan dalam SSP.
Memasukkan SSP atas SPT Pembetulan Kurang Bayar
Memasukkan SSP atas SPT Pembetulan Kurang Bayar
Apabila terdapat kurang bayar akibat pembetulan dan anda belum melakukan pembayaran maka anda tidak dapat membentuk CSV atau SPT untuk pelaporan SPT Masa PPN Pembetulan. Setelah itu cek bagian VI, jangan sampai lupa masukkan tanggal SPT. Klik simpan.

Setelah kelengkapan administrasi dalam pembetulan SPT masa PPN lengkap tahap selanjutnya adalah membuat file CSV dan PDF yang dicetak dan dilaporkan ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP). Perlu anda perhatikan, dalam pelaporan SPT Masa PPN pembetulan anda harus membawa SPT Masa PPN Normal atau yang dibetulkan dalam bentuk hardcopy. Pasti diminta oleh petugas pajak saat anda menyerahkan berkas SPT pembetulan. Demikian, semoga bermanfaat.
Cara Pembetulan SPT Masa PPN e-Faktur Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Triwibowo

3 comments:

Amantha Ginting said...

MAAF MAU NANYA JIKA PEMBETULAN LEBIH BAYAR ATAU JUMLAHNYA SAMA DENGAN SEBELUM PEMBETULAN CARANYA MENERBITKAN SPTNYA GIMANA YA? THX

Unknown said...

Maaf, mau tanya, cara membatalkan faktur pajak masuk yg masa PPNnya sudah di laporkan, bgmana? Posting dlu atau Faktur pajak masukan tsb di batalkan dlu?

Triwibowo said...

@unknown > jika akan membatalkan faktur pajak masukan harus membatalkan faktur keluarannya dulu ke lawan transaksi. Jika lawan transaksi sudah membatalkan baru bisa membatalkan faktur pajak masukan. Setelah dibatalkan baru posting SPT untuk SPT pembetulan

Post a Comment