Error eSPT PPh 21 Tidak Bisa Cetak dan Tidak Bisa Diprint

Pembahasan kali ini mengenai aplikasi eSPT PPh 21. Saat itu saya mendapat pesan berupa gambar yang menandakan terjadinya error pada aplikasi eSPT PPh 21. Karena pada saat itu sedang ada acara, ya mohon maaf jika slow respon.

Kronologis munculnya error pada aplikasi eSPT PPh 21, pada saat selesai melakukan input data di aplikasi eSPT PPh 21 tentunya akan melakukan peloporan atas SPT Masa PPh 21. Yang akan dijadikan bahan laporan SPT sudah pasti file CSV dan hardcopy hasil cetakan dari aplikasi eSPT PPh 21. Untuk CSV sudah pasti tidak ada kendala.
Baca juga : Solusi eSPT PPh 21 "Unhandled exception has occured in your application
Pada saat akan melakukan cetak SPT induk eSPT PPh 21 muncul error, "Unhandled exception has occured in your application. Could not load file or assembly CrystalDecisions Windows Form. Version=13.0.2000.0.Culture=neutral. PublicKeyToken=629fbea5521e1304'or one of its dependences. The system cannot find the file specified". Akibat muncul error tersebut induk eSPT PPh 21 tidak bisa dicetak apalagi diprint.
eSPT PPh 21 error tidak dapat cetak induk dan tidak bisa diprint
eSPT PPh 21 error tidak dapat cetak induk
Solusi pertama, jika anda menemui error yang sama cobalah instal kembali crystal report beserta NET Framework pada PC/laptop. Khusus untuk NET Framework usahakan memakai NET Framework 4. Jika sudah terinstal pilih repair atau anda akan remove dan instal ulang, silahkan pilih.

Apabila dengan instal crystal report dan NET Framework 4 tidak berhasil mengatasi induk eSPT PPh 21 yang akan dicetak masih ada solusi kedua. Selanjutnya, lihat versi aplikasi eSPT PPh 21 yang anda gunakan. Pastikan sudah berada pada versi terbaru yaitu eSPT PPh 21 Versi 2.4 atau paling tidak versi 2.2. Seperti yang ada dalam gambar (lihat gambar) versi aplikasi eSPT masih menggunkan versi aplikasi eSPT PPh 21 versi 2.0.
Baca juga : Software Pendukung Yang Wajib Ada Sebelum Install eSPT
Jika masih belum berhasil dengan update aplikasi, solusi terakhir adalah lakukan uninstal kemudian instal ulang aplikasi eSPT PPh 21 dengan versi yang terbaru yaitu 2.4. Dengan instal ulang, kebanyakan permasalahan terkait tidak dapat cetak induk berbgai aplikasi eSPT dapat teratasi. Demikian, semoga bermanfaat.
Error eSPT PPh 21 Tidak Bisa Cetak dan Tidak Bisa Diprint Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Triwibowo

No comments:

Post a Comment