Penyebab Error eSPT Tahunan PPh Badan 1771

Pembahasan kali ini berkaitan dengan aplikasi eSPT Tahunan PPh Badan 1771. Titik fokusnya adalah saat proses instalasi aplikasi eSPT Tahunan PPh Badan 1771 dan saat menjalankan, tetapi bukan saat pengisian data maupun setelahnya. Memang wajib pajak banyak yang bertanya terkait dengan error eSPT Tahunan PPh Badan 1771, errornya juga bermacam-macam.

Dengan berbagai error yang telah dialami oleh wajib pajak, maka saya mencoba untuk mengkompilasi error-error tersebut. Apa yang menjadi penyebab error eSPT Tahunan PPh Badan dan solusinya akan saya bahas.
Penyebab error eSPT Tahunan Badan 1771


Unable To Create DSN

Yang pertama, error ini pernah saya alami sendiri dan yang paling sering ditanyakan oleh wajib pajak. Setelah melakukan instal aplikasi eSPT Tahunan PPh Badan 1771, otomatis akan segera menggunakan untuk melakukan pelaporan SPT Tahunan PPh Badan. Saat akan membuka aplikasi untuk pertama kali, permasalahan mulai muncul. Akan muncul error dengan notifikasi " Unable to create DSN".
Baca juga : eSPT PPh Pasal 4 Ayat 2 "Unable To Create DSN"
Bagi wajib pajak mungkin error aplikasinya, pernah ada salah satu wajib pajak yang melakukan uninstal eSPT Tahunan PPh Badan 1771 kemudian instal kembali. Hasilnya tetap sama "Unable to create DSN". Sebenarnya solusi eror atau permasalahan ini cukup simple dan sangat mudah. Tinggal buka eSPT Tahunan PPh Badan 1771 dari C:\Program Files\DJP\eSPT 1771 2010 kemudian klik kanan Run as administrator. Untuk ke depannya anda tidak perlu Run as administrator lagi, buka dan gunakan seperti aplikasi eSPT lainnya.


Microsoft Database Engine Belum Terinstal

Yang kedua, error. saat akan melakukan koneksi pada database eSPT Tahunan PPh Badan 1771. Error tersebut mengakibatkan aplikasi eSPT belum dapat digunakan. Ini juga sering dialami oleh wajib pajak yang akan melakukan koneksi ke eSPT Tahunan PPh Badan 1771. Notifikasi error yang muncul adalah "Couldn't connect to DB. Message : The 'Microsoft.ACE.OLEDB.12.0 provider not registered on the local machine."

Error ini karena ada satu software yang belum terinstal di aplikasi eSPT Tahunan PPh Badan 1771. Software tersebut adalah Microsoft Database Engine atau bisa jadi Microsoft Access di komputer/laptop anda belum terinstal. Solusinya silahkan instal Microsoft Database Engine terlebih dahulu, setelah itu silahkan buka aplikasi eSPT Tahunan PPh Badan 1771 kembali


eSPT Terinveksi Virus

Yang ketiga, adakalanya suatu komputer /laptop yang anda gunakan terinveksi virus. Apabila terinveksi virus maka aplikasi eSPT Tahunan PPh Badan 1771 yang sudah terinstal akan tidak dapat dibuka bahkan ketika anda buka, atau anda sedang mengalami error keterangan "has stop working". Padahal sebelumnya aplikasi eSPT Tahunan PPh Badan lancar digunakan.

Apabila anda mengalami permasalahan ini, silahkan restore database eSPT Tahunan PPh Badan 1771. Untuk database silahkan diambil di (untuk lokasi default belum pernah diubah) C:\Program Files (x86)\DJP\eSPT 1771 2010\Database untuk windows 64 bit. Sedangkan untuk windows 32 bit ada di C:\Program Files\DJP\eSPT 1771 2010\Database.
Baca juga : Cara Setting DSN Untuk Database Baru eSPT Tahunan PPh Badan 1771
Setelah anda mendapatkan databasenya, yang perlu anda lakukan adalah melakukan instal ulang eSPT Tahunan PPh Badan 1771. Perlu diingat apabila masih terdapat virus, bersihkan terlebih dahulu agar error tidak terulang kembali. Yang terakhir silahkan restore databasenya. Demikian, semoga bermanfaat.
Penyebab Error eSPT Tahunan PPh Badan 1771 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Triwibowo

2 comments:

priyo prabowo said...

kalo sudah isi spt tahunan..trus aplkasi kita tutup kemudian buka aplikasi lagi dan isinya ilang dan muncul kode error "type mismatch" itu kenapa ya?solusinya gimana?

Triwibowo said...

@priyo prabowo : Mohon maaf, Silahkan menghubungi KPP pak agar dapat dibantuk untuk penyelesaiannya karena sangat teknis

Post a Comment