Solusi Upload Faktur Pajak Masukan Reject ETAXSERVICE 20020

Pembahasan kali ini mengenai upload faktur pajak masukan yang mengalami reject. Tetapi sebelumnya saya akan menjelaskan kronologisnya. D wai sore hari, ada wajib pajak yang mejelaskan kepada saya bahwa pada saat upload faktur pajak masukan status uploadnya "siap upload". Dari keterangan status approvalnya yaitu siap upload diketahui bahwa uploader aplikasi e-faktur belum diaktifkan.

Coba diaktifkan uploadernya, ternyata aplikasi e-faktur meminta patch ulang sertifikat digitalnya. Patch ulang sertifikat berarti memasukkan passphrase juga. Alhamdullilah, beberapa kali memasukkan passphrase akhirnya dapat juga dan uploader dapat diaktifkan.
Solusi Upload Faktur Pajak Masukan Reject ETAXSERVICE 20020
Faktur Pajak Masukan Reject ETAXSERVICE-20020

Setelah diperbaharui, faktur pajak masukan tersebut satu sukses upload dan satunya reject. Dilihat di keterangan terdapat penjelasan penyebab rejectnya faktur pajak masukan, keterangan reject "ETAXSERVICE 20020 : Nomor seri faktur pajak tidak valid. Nomor faktur bukan jatah". Dari keterangan tersebut juga sudah dapat dipastikan bahwa nomor faktur yang diinput tidak valid.

Fokus harus ke nomor fakturnya. Faktur pajak yang diterima dari lawan transaksi saya minta untuk ditunjukkan dan di cek kembali. Benar saja, memang wajib pajak salah menginput nomor fakturnya, yang seharusnya angka "9" diinput angka "0".
Baca juga : Cek Validitas e-Faktur
Setelah diganti dan mengupload kembali, akhirnya sukses upload dengan status "Approval sukses". Jadi, apabila anda mengalami reject saat upload faktur pajak masukan dengan keterangan "ETAXSERVICE 20020 : Nomor seri faktur pajak tidak valid. Nomor faktur bukan jatah" silahkan lakukan cek ulang. Mintakan ke lawan transaksi anda apabila belum mendapatkan softcopy maupun hardcopy e-faktur.

Jika anda tidak ingin repot juga meminta faktur pajak, anda dapat lakukan cek validitas e-faktur dengan Barcode Scanner e-Faktur yang dapat anda download di Play Store. Tinggal download dan scan. Demikian, semoga bermanfaat.
Solusi Upload Faktur Pajak Masukan Reject ETAXSERVICE 20020 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Triwibowo

No comments:

Post a Comment