Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Import Data e-Faktur dari KPP Error ETAX-20023, Format Faktur Salah Flag

Setelah lama tidak update terkait permasalahan aplikasi e-faktur, akhirnya pada kesempatan kali ini saya dapat kembali berbagi pengalaman terkait error aplikasi e-faktur. Seperti sebelum-sebelumnya saya akan membahas error pada aplikasi e-faktur. Topik pembahasan error kali ini mengenai permintaan database e-faktur dan proses import data tersebut ke dalam aplikasi e-faktur.

Banyak wajib pajak yang mengalami permasalahan terkait database e-faktur. Mayoritas yang wajib pajak alami adalah kehilangan error database yang disebabkan oleh virus, database hilang, dan yang paling parah adalah hilangnya aplikasi e-faktur. Hilangnya aplikasi e-faktur disebabkan oleh instal ulang PC/laptop yang dilakukan oleh wajib pajak tanpa backup sama sekali. Dengan beberapa kejadian tersebut tentunya aplikasi e-faktur terutama database yang berisi data-data faktur sebelumnya akan turut hilang meskipun dicoba untuk reset ulang.
Baca juga : Solusi Database e-Faktur Hilang Tanpa Ada Backup
Solusi di atas adalah harus mengajukan permintaan database aplikasi e-faktur ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) tempat terdaftar. Caranya juga sangat mudah. Meskipun SOP selama 14 hari kurang dari 2 hari anda akan dapat database yang diajukan.

Setelah mendapat database e-faktur tersebut tentunya yang harus dilakukan selanjutnyan adalah import database. Perlu diingat, data tersebut tidak perlu anda ekstrak seperti file winrar pada umumnya. langsung anda importkan di Faktur - Pajak Keluaran - Import. Selanjutnya pilih file yang anda miliki, terakhir proses import. Lihat sampai proses berjalan dan keterangan sukses.
efaktr error ETAX-20023, Format Faktur Salah Flag
Import Data e-Faktur Error ETAX-20023, Format Faktur Salah Flag
Nah, mungkin bagi anda yang sedang melakukan import database e-faktur ada yang mengalami error? Sama seperti halnya yang saya alami, saat melakukan proses import database e-faktur beberapa data sukses tetapi beberapa ada yang gagal. Gagal tersebut dengan keterangan error ETAX-20023 Format Faktur Salah Flag. Bingung juga saat itu, padahal beberapa data dapat sukses terimport.

Selanjutnya, saya coba tutup aplikasi e-faktur dan login kembali. Langsung saya ulangi proses import database e-faktur, akhirnya semua sukses terimport. Bagi anda yang mengalami hal yang sama coba tutup aplikasi e-faktur dan ulangi proses import.

Pernah juga saya ulangi beberapa kali proses import ternyata hasilnya nihil. Jika anda mengalami hal yang sama dengan sudah beberapa kali melakukan proses import tetapi tetap gagal dan muncul error ETAX-20023 Format Faktur Salah Flag. Tenang, masih ada solusinya. Solusinya adalah konfirmasi ke KPP terkait database tersebut dan ajukan permintaan kembali atas database. Setelah itu lakukan import ulang. Demikian, semoga bermanfaat

8 comments for "Import Data e-Faktur dari KPP Error ETAX-20023, Format Faktur Salah Flag"

  1. Saya sdh coba import, cuma loading nya berhenti hampir diujung, jd nggak sampai selesai, dan itu lama sekali. Saya hrs bagaimana ya?

    ReplyDelete
  2. Tutup aplikasi buka kembali lalu import tetap tidak bisa? Jika masih ada kesulitan konfirmasi k kpp untuk data yg diberikan, barangkali data yg diberikan bisa bermasalah.

    ReplyDelete
  3. Saya coba import hasilnya ETAX-30031 : Dokumen lain tidak lengkapFlag dokumen lain salah. Solusinya gimana ya pak?
    Terima kasih

    ReplyDelete
  4. Saya sudah minta database ke kpp namun ketika di import masih gagal, solusinya gimana ya?

    ReplyDelete
  5. @restu firmansyah : error masih ETAX 20023? coba import ulang sertifikat? kalau tetap tidak bisa coba tanyakan database tsbt ke KPP. Barangkali data yg diberikan bermasalah

    ReplyDelete
  6. itu format csv nya tiap komputer beda2. ada yang pemisah nya ' , ' (koma) ada juga yang
    ; ' (titik koma). diubah aja antara 2 itu.

    ReplyDelete
  7. saya mau tanya, barusan saya minta database Efaktur ke KPP sudah saya dapatkan databasenya berupa Rar/Zip, Tetapi ketika saya buka/Ekstrak File nya kenapa harus memasukan Passwordnya yah? lalu passwordnya itu apa? mohon infonya,

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama nih gan , kasusnya serupa, udah ada solusisnya gan???

      Delete