Error Registrasi Aplikasi eSPT PPh 21, NPWP Harus 15 Digit

Setelah selesai melakukan instalasi eSPT PPh 21, yang pertama harus kita lakukan adalah registrasi. Arti registrasi dalam hal ini adalah dengan memasukkan identitas wajib pajak terutama NPWP. Pada umumnya, wajib pajak saat registrasi jarang ada yang mengalami error, justru error yang banyak dialami saat proses instal eSPT PPh 21.

Kali ini saya menemui error yang dialami oleh wajib pajak saat proses registrasi di aplikasi eSPT PPh 21. Ini merupakan salah satu yang pertama saya temui karena memang jarang muncul di wajib pajak. Saat setelah input di bagian NPWP, langsung muncul error keterangan "NPWP Harus 15 Digit".
Baca juga : Download eSPT PPh 21 Terbaru Versi 2.4
Dari keterangan tersebut, saya cek digit NPWPnya. Memang sudah benar dan saya pastikan kepada wajib pajak ternyata ini adalah NPWP yang digunakan untuk melakukan registrasi beberapa aplikasi eSPT.

Awalnya saya juga bingung, ini NPWPnya sudah benar terinput tetapi dicoba berulang kali tetap keluar notifikasi "NPWP Harus 15 Digit.
eSPT PPh 21 error Saat Registrasi
Cara Merubah Region and Setting
Saya langsung tertuju pada pengaturan yang ada di laptop wajib pajak, cek di Region and Language. Benar saja, format masih dalam English (United States). Untuk menjalankan aplikasi eSPT Regional Settingnya harus ke Indonesian (Indonesia). Kemudian saya menggantinya ke Indonesia (Indonesia). Akhirnya setelah terganti ke Indonesian (Indonesia) aplikasi eSPT berhasil tergistrasi.

Bagi anda yang belum mengetahui cara mengganti pengaturan Region and Language, berikut caranya. 
  • Masuk pada Control Panel (Klik tombol Start, cari Control Panel)
  • View By Category, pilih Clock, Language, and Region.
  • Setelah itu pilih Region and Language
  • Pada dialog Region and Language pilih Formats Indonesian (Indonesia), Location (Current Location) Indonesia.
  • Apply dan OK
Cara tersebut berhasil saya lakukan. Apabila dalam laptop anda sudah tersetting ke dalam Indonesian (Indonesia) tetapi tidak juga berhasil. Cobalah ganti ke dalam English (United States) dahulu, setelah itu ubah kembali ke Indonesian (Indonesia). Demikian, semoga bermanfaat.
Error Registrasi Aplikasi eSPT PPh 21, NPWP Harus 15 Digit Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Triwibowo

No comments:

Post a Comment