Patch Ulang Sertifikat Elektronik e-Faktur Error ETAX-30023 : File Certificate Tidak Bisa Dipakai

Untuk memindahkan aplikasi e-faktur dari PC/laptop ke PC/laptop lain sangatlah mudah dan tidak membutuhkan cara khusus. Tidak panjang lebar saya menjelaskan cara memindahkan aplikasi e-faktur ke PC/laptop lain karena sudah pernah saya bahas sebelumnya. Jika anda pernah melakukannya, pasti pada saat upload e-faktur akan diminta untuk patch ulang sertifikat elektronik e-faktur.

Nah, ini yang akan menjadi pusat pembahasan kali ini. Wajib pajak sudah berhasil memindahkan aplikasi e-faktur ke laptop lain, akan tetapi saat akan membuat faktur pajak tidak bisa. Muncul keterangan untuk setting atau patch ulang sertifikat elektronik. Saat melakukan patch ulang sertifikat elektronik e-faktur malah muncul error ETAX-30023 "File Certificate Tidak Bisa Dipakai, Passphrase certificate salah tidak dapat memakai sertifikat digital".
Berulang kali mencoba memasukkan passphrase yang dimiliki wajib pajak tetap saja selalu keluar error ETAX-30023 "File Certificate Tidak Bisa Dipakai, Passphrase certificate salah tidak dapat memakai sertifikat digital". Perlu diketahui juga, passphrase hanya diketahui oleh wajib pajak saja dan KPP tidak memiliki arsip.  Secara pengertian Passphrase sendiri adalah kata sandi yang berfungsi sebagai pengaman file Sertifikat Elektronik yang dapat dibuat dengan berbagai karakter (sesuai kemauan wajib pajak)

Patch Sertifikat Elektronik e-Faktur Error ETAX-30023 : File Certificate Tidak Bisa Dipakai
Error ETAX-30023 : File Certificate Tidak Bisa Dipakai
Berulang kali memasukkan passphrase tetap saja error ETAX-30023, saya meminta untuk mengingat-mengingat tetapi tetap saja hasilnya nihil. Secara dilihat dari keterangan errornya menerangkan bahwa error disebabkan oleh Passphrase certificate salah tidak dapat memakai sertifikat digital.
Baca juga : Solusi Lupa Passphrase Sertifikat Elektronik e-Faktur
Meskipun sempat terjadi perdebatan, hal tersebut secara nyata memang disebabkan oleh salah memasukkan passphrase. Akhirnya saya menunggu wajib pajak untuk mengingat-ingat kembali passphrase yang pernah dimasukkan. Selain itu saya meminta untuk download ulang sertifikat elektronik di enofa online kemudian patch/setting ulang di aplikasi e-faktur. Alhasil, sukses juga dan berhasil upload faktur pajak.

Jika anda mengalami error yang sama saat patch/setting ulang sertifikat elektronik e-faktur, periksa kembali passphrase yang dimasukkan. Pastikan sudah benar, jika lupa bisa cek di inbox email yang sudah anda daftarkan. Demikian, semoga bermanfaat.
Patch Ulang Sertifikat Elektronik e-Faktur Error ETAX-30023 : File Certificate Tidak Bisa Dipakai Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Triwibowo

No comments:

Post a Comment