Input Angka di eSPT PPh 23 Tidak Sesuai Format

Sewaktu saya blogwalking ke salah satu grup diskusi pajak, ada suatu permasalahan terkait eSPT PPh 23. Permasalahan tersebut juga pernah saya jumpai dan pernah saya selesaikan juga. Untuk itu saya tertarik untuk mengulasnya di sini.

Ada wajib pajak yang mengalami masalah saat input data di aplikasi eSPT PPh 23. Pada saat input bukti potong eSPT PPh 23 dan setelah tekan tombol enter ternyata angka yang muncul tidak sesuai. Yang muncul hanya angka depannya saja (1 digit). Angka ribuannya tidak masuk.

Sebagai contoh pada saat input bukti potong PPh 23 senilai Rp 5.000.000 dan tekan tombol enter ternyata yang muncul hanya angka 5 saja. Hal ini pernah saya alami juga, dan solusinya menurut saya cukup simpel.

Pertama, saran bagi anda yang melakukan input data di aplikasi eSPT baik eSPT PPh 23, eSPT PPh Badan, eSPT Tahunan PPh OP dan Aplikasi eSPT lainnya diusahakan jangan menggunakan tombol enter untuk berpindah kolom ke kolom lainnya. Gunakanlah tombol TAB. Alasannya adalah menghindari karakter enter muncul di CSV SPT nantinya, yang dapat mengakibatkan CSV SPT tidak terbaca di aplikasi viewer DJP.

Kedua, solusi permasalahan input angka di eSPT PPh 23 tidak sesuai format adalah anda harus mengganti settingan atau pengaturan di Region and Language. Caranya yaitu
Input angka eSPT PPh 23 tidak sesuai format
Control Panel - Clock, Language, and Region - Region and Language

  1. Masuk dalam Control Panel, pilih Clock, Language, and Region
  2. Pilih Region and Language.
  3. Setelah dialog Region and Language muncul, pastikan terlebih dahulu untuk format sudah ke dalam Indonesia (Indonesia). Setelah itu pada pojok kanan bawah klik Additional Setting
  4. Nah. pada additional setting ini lihat pada bagian Decimal Symbol. Ubahlah format ke dalam koma ","
  5. Lihat juga pada bagian Digit grouping symbol, ubahlah kedalam titik "."
  6. Lihat gambar di atas. Setelah anda ubah, Klik apply dan OK
Setelah anda mengubah pengaturan di Region and Setting tadi, cobalah buka aplikasi eSPT PPh 23 dan input kembali bukti potongnya. Cara tersebut terbukti pernah saya coba dan berhasil. Demikian, semoga bermanfaat.
Input Angka di eSPT PPh 23 Tidak Sesuai Format Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Triwibowo

2 comments:

Post a Comment