Solusi Create CSV eSPT Tahunan PPh Badan Error File not found: zlib.dll

eSPT Tahunan PPh Badan error File not found: zlib.dll
Create CSV error File not found: zlib.dll
Untuk dapat melakukan laporan SPT Tahunan PPh Badan tentunya anda harus membuat CSV beserta lampiran-lampiran yang diwajibkan. Untuk membuat CSV anda harus membuatnya melalui aplikasi eSPT Tahunan PPh Badan 1771. Jika anda belum memiliki eSPT Tahunan PPh Badan 1771, anda dapat download di bawah ini. 
Baca juga : Download eSPT Tahunan PPh Badan 1771 Terbaru
Setelah anda selesai melakukan input data di aplikasi eSPT Tahunan PPh Badan, untuk bisa laporan SPT, anda harus create CSV. Tetapi, ada yang membuat janggal di wajib pajak ketika create CSV eSPT Tahunan PPh Badan.

Ketika klik Create File ternyata muncul keterangan seperti error "File not found: zlib.dll". Namun, saat anda klik OK file CSV berhasil terbentuk. 

Awalnya bingung juga dengan kemunculan error File not found: zlib.dll. Meskipun CSV berhasil terbentuk tetapi CSV tersebut pasti akan dikembalikan oleh petugas pajak yang meneliti atau menerima CSV anda. Hal tersebut dikarenakan file CSV tidak dapat terbaca oleh viewer DJP.

Lokasi file Zlib.dll, Windows 32 bit
Untuk mengatasi munculnya error File not found: zlib.dll, berikut solusinya

  1. Anda harus memiliki file bernama zlib.dll. Boleh anda ambil dari PC/laptop ataupun download di web lain (ketika anda search zlib.dll akan muncul banyak sekali)
  2. Bagi anda pengguna windows 32 bit. Copy file zlib.dll yang lokasinya ada di C:\Windows\System32\1771 2010 RP (lihat gambar). Masukkan/pastekan ke dalam direktori C:\Program Files\DJP\eSPT 1771 2010.
  3. Bagi anda pengguna windows 64 bit. Copy file zlib.dll yang lokasinya ada di C:\Windows\SysWOW64\1771 2010 RP. Masukkan/pastekan ke dalam direktori C:\Program Files (x86)\DJP\eSPT 1771 2010.
  4. Setelah itu buat kembali file CSV eSPT Tahunan PPh Badan 1771 dan segera laporkan melalui e-filling atau langsung datang ke KPP.
Dengan mengcopy file zlib.dll ke dalam direktori hasil Install eSPT Tahunan PPh Badan 1771 (cara di atas), CSV akan normal terbentuk tanpa akan ada error File not found: zlib.dll dan akan terbaca di viewer DJP. Demikian, semoga bermanfaat.
Solusi Create CSV eSPT Tahunan PPh Badan Error File not found: zlib.dll Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Triwibowo

No comments:

Post a Comment