Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Solusi eSPT Error Tidak Bisa Connect Database, Operation Must Use an Updatable Query

Mungkin pembahasan kali ini jarang dialami oleh wajib pajak pengguna aplikasi eSPT. Tetapi tidak salahnya jika saya mengulasnya di blog tercinta ini, siapa tahu anda sekarang sedang mengalaminya. Pada saat membuka aplikasi eSPT Tahunan PPh Badan dan mengoneksikan ke database eSPT Tahunan PPh Badan ternyata muncul error "Operation Must Use an Updatable Query". Mengakibatkan tidak dapat mengoperasikan aplikasi eSPT Tahunan PPh Badan.

Jika anda sedang mengalami error Operation must use an updatable query saat akan mengoneksikan ke database eSPT disebabkan oleh hak akses (belum diberikan hak akses). Perlu diketahui juga, database eSPT menggunakan Microsoft Access. Error tersebut muncul karena anda tidak dapat mengakses atau write dalam database.

eSPT Tahunan PPh Badan error Operation must use an updatable query

Tenang, berikut ini saya berikan sedikit solusi untuk error Operation must use an updatable query yang dapat segera anda terapkan.

  1. Silahkan masuk dalam direktori database eSPT Tahunan PPh Badan yang lokasinya ada di C:\Program Files\DJP\eSPT 1771 2010\Database (untuk windows 32 bit)
  2. Klik Kanan, pilih Properties
  3. Pada bagian Attributes, uncentang "Read Only". (lihat gambar)
  4. Selain itu, masuk pada bagian Security. Pastikan Full Control sudah tercentang.
  5. Klik Apply dan OK
Setelah anda mengganti pengaturan attributes dan securitynya, silahkan buka kembali aplikasi eSPT Tahunan PPh Badan sekaligus koneksi ke databasenya. Demikian, semoga bermanfaat.

7 comments for "Solusi eSPT Error Tidak Bisa Connect Database, Operation Must Use an Updatable Query"

  1. saya mengqalami kendala ini di espt21 gan. saya coba dg solusi yg sama tapi masih tetap belum bisa. adakah solusi yang lain?

    ReplyDelete
  2. @fahmi syarif hidayat : sudah coba instal tidak di drive C tapi di drive D?

    ReplyDelete
  3. sudah bisa lagi, makasih informasinya mas

    ReplyDelete
  4. @Ria Thimoty : Youre welcome :)

    ReplyDelete
  5. td disebutkan untuk win 32bit,klo yg 64bit gmn? ad perbedaan? soalny ud d uncheck,security ud fullcontrol tetap tidak bisa...

    ReplyDelete
  6. @daloe kun : bedanya hanya di lokasi databasenya saja pak, ada di programfile x86. Langkahnya sama saja

    ReplyDelete