Solusi eSPT Tahunan PPh Badan Error Run-time Error 429 ActiveX Component Can't Create Object

Run-time error 429 ActiveX component can't create object
eSPT Tahunan PPH Badan error Run-time error 429 ActiveX component can't create object
Langsung saja kita masuk dalam pembahasan error eSPT Tahunan PPh Badan. Ada wajib pajak yang mengalami error saat create CSV di aplikasi eSPT Tahunan PPh Badan. Keterangan error tersebut adalah Run-time error 429, ActiveX component can't create object, akibatnya wajib pajak tidak bisa lapor SPT Tahunan PPh badan karena file CSV tidak dapat dibuat.

Kebanyakan error tersebut muncul pada laptop/PC yang memiliki system operasi Window 7,8, dan 10 64 bit.

Setelah saya browsing-browsing, ternyata error Run-time error 429 ActiveX component can't create object sudah pernah dialami oleh beberapa orang dengan aplikasi yang berbeda-beda. Solusi error Run-time error 429 ActiveX component can't create object ada beberapa, antara lain

Pertama

Penyebab pertama munculnya error Run-time error 429 ActiveX component can't create object adalah Data Access Objects (DAO) tidak teregister dengan baik. Oleh karena itu, anda harus meregister library DAO terlebih dahulu. Tutup aplikasi eSPT Tahunan PPh Badan yang sedang anda buka.

register DAO, Run-time error 429 ActiveX component can't create object
DAO sukses teregister
  1. Coba kita lihat dahulu file DAOnya, masuk Windows Explorer pilih C:\Program Files (x86)\Common Files\microsoft shared\DAO. Di sini anda akan menemukan file DAO350 dan dao360 dengan ekstensi dll.
  2. Untuk meregister DAO silahkan masuk dalam Command Prompt, tekan/klik tombol START - ketik cmd. Klik kanan Run As Administrator. Anda harus masuk dengan user administrator.
  3. Pada kotak dialog hitam CMD, ketik regsvr32 "C:\Program Files\Common Files\Microsoft Shared\DAO\DAO360.DLL" lalu tekan ENTER.
  4. Pastikan anda telah sukses meregister. Jika sukses akan muncul notifikasi "DllRegister in C:\Program Files (x86)\Common Files\microsoft shared\DAO360.DLL succeeded". Klik OK
  5. Buka eSPT anda dan create CSV kembali.

Kedua

Untuk solusi yang kedua ini sebenarnya ada beberapa juga tetapi akan saya jadikan satu di sini. Jika cara pertama sudah sukses anda lakukan tetapi sama sekali tidak membuahkan hasil, silahkan coba cara berikut ini (cara ini saya ambil dari beberapa sumber)
  1. Uninstall NET Framework yang sudah terinstal di PC/laptop anda. Setelah itu install kembali NET Frameworknya, usahakan NET Framework 4. Dengan menginstal ulang NET Framework 4 terkadang dapat mengatasai error Run-time error 429 ActiveX component can't create object.
  2. Memperbaiki dengan Software Registry Cleaner pada PC/Laptop. Download dan Install Registry Cleaner. Setelah berhasil terinstall, buka dan pilih Scan Your System. Tunggu sampai muncul daftar registry yang perlu anda perbaiki. Pilih dan klik kanan fix this entry/fix selected. Jika sudah selesai restart PC/laptop anda.
Di atas merupakan beberapa solusi untuk memperbaiki eSPT error tidak dapat create CSV error Run-time error 429 ActiveX component can't create object. Apabila cara di atas tetap tidak dapat menjadikan solusi anda. Coba lakukan install ulang aplikasi eSPT Tahunan PPh Badan. Demikian, semoga bermanfaat.
Solusi eSPT Tahunan PPh Badan Error Run-time Error 429 ActiveX Component Can't Create Object Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Triwibowo

No comments:

Post a Comment