Solusi e-Faktur Gagal Buat SPT Error Terjadi Kesalahan, Gagal Query SPT

efaktur Error Terjadi Kesalahan, gagal query SPT
Error Terjadi Kesalahan, gagal query SPT

Melaporkan SPT Masa PPN merupakan salah satu kewajiban PKP setiap bulan. Jatuh tempo pelaporan SPT Masa PPN adalah akhir bulan berikutnya. Syarat utama, anda dapat melakukan laporan SPT Masa PPN adalah adanya file CSV Excel dan file cetakan PDF SPT yang dibuat dari aplikasi e-faktur.

Pembahasan kali ini adalah mengenai error yang muncul ketika akan melakukan edit SPT di aplikasi e-faktur. Adanya error tersebut mengakibatkan wajib pajak tidak dapat lapor SPT Masa PPN.

Setelah wajib pajak selesai membuat atau posting SPT di aplikasi e-faktur, langkah selanjutnya tentunya harus mengedit entah bagian SSP (jika kurang bayar) atau bagian induk SPT. Pada saat akan membuka SPT Masa PPN di menu SPT – Buka SPT – dan klik Perbaharui Tampilan ternyata muncul bukan daftar SPT melainkan muncul error Terjadi Kesalahan, gagal query SPT.

Yang bikin kaget sebelum-sebelumnya lancar tidak terjadi error saat akan edit SPT di aplikasi e-faktur. Jika anda mengalami error Terjadi Kesalahan, gagal query SPT, penyebabnya bisa jadi karena database e-faktur yang anda gunakan error.

Jika anda sedang mengalami error yang sama, tenang akan saya berikan solusinya. Silahkan tutup aplikasi e-faktur, kemudian masuk dalam folder Backup aplikasi e-faktur anda. Cari tanggal dimana aplikasi e-faktur anda masih normal berjalan (dengan melihat Date Modified). Ambil dan ektrak di folder lain hingga terbentuk folder db.

Folder db yang sudah terbentuk kemudian anda masukkan atau copykan ke dalam aplikasi e-faktur yang belum teregistrasi atau fresh baru download. Tinggal copy dan paste saja. Setelah berhasil anda copykan, silahkan buka aplikasi e-faktur kembali. 

Dengan menjalankan solusi metode di atas, perlu anda ketahui bahwa data-data e-faktur setelahnya akan hilang sesuai tanggal pengambilan folder backupnya. Jadi, ketahuilah dengan benar tanggal aplikasi e-faktur anda normal dijalankan. Demikian semoga bermanfaat.
Solusi e-Faktur Gagal Buat SPT Error Terjadi Kesalahan, Gagal Query SPT Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Triwibowo

No comments:

Post a Comment