Cek Validasi NTPN Sebelum Input SSP di e-Faktur

Setelah update aplikasi e-faktur versi 2.0, banyak mekanisme baru yang harus diterapkan. Sebagai contoh saja, saat input SSP (jika SPT Kurang Bayar) di aplikasi e-faktur versi 2.0 harus terhubung dengan internet untuk proses validasi dengan server DJP. Hal ini baru karena di aplikasi e-faktur sebelumnya saat input SSP tinggal input saja tidak melalui validasi SSP.

Saat input SSP di aplikasi e-faktur banyak wajib pajak yang mengalami error. Setelah selesai input SSP dan klik simpan tiba-tiba muncul notifikasi error "ETAX-60011 : Gagal Menyimpan SSP, ETAXSERVICE-50001 : SSP Tidak Valid, ETAX-API-60014 : Not Found".

ETAX-60011 : Gagal Menyimpan SSP, ETAXSERVICE-50001 : SSP Tidak Valid, ETAX-API-60014 : Not Found
Error Saat Input SSP di e-Faktur

Setelah dilakukan cek terhadap data pembayaran yang meliputi Kode Jenis Setoran, Kode Jenis Pajak, NTPN, dan Nilai ternyata sesuai apa yang sudah diinput. tetapi ketika klik Simpan, selalu muncul error "ETAX-60011 : Gagal Menyimpan SSP, ETAXSERVICE-50001 : SSP Tidak Valid, ETAX-API-60014 : Not Found".

Solusi ETAX-60011, ETAXSERVICE-50001, ETAX-API-60014


  • Pastikan data pembayaran yang anda input adalah benar. Dalam hal ini yang menjadi perhatian utama adalah NTPN. Terkadang dalam NTPN terjadi kesamaan huruf "O" dengan angka "0". Salah satu huruf saja sudah tidak akan bisa diterima. Jadi jika Anda mengaami masalah yang sama cobalah Cek dahulu kebenaran NTPN-nya.
  • Untuk melakukan cek validasi NTPN, dapat anda lakukan melalui aplikasi e-billing yaitu SSE1 atau sse.pajak.go.id. Setelah berhasil login pilih menu Konfirmasi NTPN.
  • Apabila dalam hal ini anda tidak memiliki akun sse1 dan saat registrasipun sudah tidakbisa, solusi yang bisa dan segera adalah silahkan menghubungi KPP tempat anda terdaftar. Tanyakan atas NTPN tersebut apakah sudah sesuai. Jika tidak menghubungi KPP, Anda bisa telepon ke kring pajak di 1500200.
Error Input SSP di efaktur
Pastikan NTPN sudah Benar

Setalah mendapat NTPN yang sudah sesuai silahkan input ulang dan simpan. Kenapa hal sepele ini saya bahas? Karena banyak yang mengalami hal ini dan saat input banyak yang mengalami kesalahan antara huruf "O" dengan angka "0". Demikian, semoga bermanfaat.
Cek Validasi NTPN Sebelum Input SSP di e-Faktur Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Triwibowo

14 comments:

Andi Gunawan said...

kalau input SSP PPN KMS untuk unit usaha gmn y pak,sedangkan PPN centralisasi

Triwibowo said...

@Andi Gunawan : Mohon maaf pak, kalau permasalahan SSP PPN KMS saya belum menemukan jawaban yg pasti. tetapi ada kabar bahwa pembayaran NPWP cabang tidak dapat diinput.

Poda Synergy said...

NTPN saya copas dari transaksi internet banking, jadi saya yakin gak salah. tapi kenapa masih tidak bisa yah

Ari Yugo said...

Idem. Tidak bisa valid jg,,

mery mifta said...
This comment has been removed by the author.
mery mifta said...

Sama tidak bisa.gagal simpan,ssp tdk valid,not found.pembayaran sse tgl 15 nov tdk terbaca di server pjk.diminta coba terus.hr ini banyak kasus sama

Jimmy Raintung said...

Bendahara salah menginput npwp perusahan pada waktu penyetoran pajak apakah berpengaruh pada SSP?

Triwibowo said...

@Jimmy Raintung : kalau yang di efaktur atas nama perusahaan hausnya perusahaan pak. Nanti record pembayaran tidak sesuai pak kalau npwpnya tidak sesuai.

dikprof said...

Sse1 tidak bisa menampilkan konfirmasi NTPN sjk 22des17

wahyu nugroho said...

bisa mas, ceknya dengan validasi kode billingnya. saya barusaja dapat ntpn yang kurang jelas setelah saya cek via id billing memang ada kesalahan penulisan pada ntpnnya

aris subaktiar said...

Duh saya bayar kemarin, 07/0/2018 saya input di 08/02//2018 yetapi kenapa gak bj

Triwibowo said...

@aris subaktiar : NTPNnya sudah dicek pak? biasanya terdapat perbedaan huruf dan angka.

faizal cahyono said...

Pak cara mengatasi ssp gak bsa di klik gmana ya spt ppn induk

Triwibowo said...

waktu mau isi SSP gak bisa ya pak, apa status SPTnya "kurang Bayar"? Jika "KB" harusnya tombol aktif.

Post a Comment