Perubahan Skema Import Dokumen Lain Di e-Faktur Versi 2.0

Masih seputaran update aplikasi e-faktur versi 2.0. Pembahasan kali ini berkaitan dengan Dokumen Lain. Seperti yang sudah saya jelasakan pada pembahasan sebelumnya bahwa di aplikasi e-faktur versi 2.0 Dokumen Lain harus diupload.

Tetapi saya tidak membahas masalah terkait upload Dokumen Lain ataupun error saat upload Dokumen lain. Tetapi yang akan saya bahas adalah adanya perubahan skema import Dokumen Lain di aplikasi e-faktur versi 2.0.

Import Dokumen Lain Error ETAX-30031 dan ETAX-30005
Import Dokumen Lain Error ETAX-30031 dan ETAX-30005

Banyak wajib pajak yang belum mengetahui adanya perubahan skema import dokumen lain terbaru. Oleh karena itu saat Import Dokumen Lain dengan skema lama muncullah error "ETAX-30031 : Dokumen Lain Tidak Lengkap Flag Dokumen Lain Salah". Disamping itu adanya juga yang mengalami error saat import CSV Dokumen Lain "ETAX-30005 : Error Objek Mapping Format Salah,Format Harus Sesuai".

Bagi Anda, yang sedang mengalami error seperti di atas (lihat gambar) saat import Dokumen Lain silahkan periksa format atau header CSV yang anda buat. Format untuk import Dokumen Lain di versi 2.0 berbeda.

Pada e-faktur versi 2.0 ada penambahan header/format CSV, yaitu tambahkan kolom FAPR dan TGL_APPROVAL setelah kolom keterangan. Silahkan tambahkan dua kolom/header tersebut lalu Save. Untuk lebih jelasnya silahkan download di bawah ini
Skema Import Dokumen Lain e-Faktur Versi 2.0

Tetap Saja Error ETAX-30031 dan ETAX-30005

Apabila anda sudah menggunakan skema import yang baru e-faktur versi 2.0 tetapi masih saja muncul error "ETAX-30031 : Dokumen Lain Tidak Lengkap Flag Dokumen Lain Salah". Disamping itu adanya juga yang mengalami error saat import CSV Dokumen Lain "ETAX-30005 : Error Objek Mapping Format Salah,Format Harus Sesuai" berarti ada yang tidak beres dengan file CSV yang anda buat.

Silahkan cek data yang anda input, Open File CSV dengan Notepad (Open With). Hapus semicolon yang berjumlah 3 (lihat gambar di bawah).

Hapus Semicolon yang berlebih untuk dokumen lain efaktur
Hapus Semicolon yang berlebih, Cukup 2
Memang ada beberapa yang mengalami permasalahan saat Import Dokumen Lain meskipun skema import sudah benar ternyata file CSV kelebihan semicolon. Semoga berhasil. Demikian,semoga bermanfaat.
Perubahan Skema Import Dokumen Lain Di e-Faktur Versi 2.0 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Triwibowo

5 comments:

Rael said...

Terima kasih informasinya sangat membantu .....

Triwibowo said...

@Rael : samasama :)

Cris Tefanus said...

Pak Bowo, terimakasih atas info nya. Saya kesulitan dalam donwload skema terbarunya karena tekendala instalasi WinRar dikarenakan perbedaan 32 dan 64 bit. Mohon kiranya, kalau berkenan, apakah boleh dikirimkan file excel tersebut ke alamat email saya? kalau berkenan, dapat di email ke cristefanus@gmail.com

Shalahuddin Syaifullah said...

permisi mas, itu kolom FAPR dan TGL APROVAL di bagian akhir, jenis cellnya apa ya mas? General atau Text? Terima kasih mas.

Triwibowo said...

general pak jenis cellnya

Post a Comment