eSPT PPh 21 Error The Application Was Unable to Start Correctly 0xc000007b

Pembahasan kali ini berkaitan dengan aplikasi eSPT PPh 21. Sebelum masuk pembahasan inti, saya berikan informasi kepada Anda barangkali belum mengetahui update terakhir aplikasi eSPT PPh 21. Untuk aplikasi eSPT PPh 21 update versi terakhir adalah versi 2.4. Silahkan bagi anda yang masih memakai aplikasi eSPT PPh 21 versi di bawah 2.4 silahkan lakukan update terlebih dahulu.

Bagi anda yang belum memaki aplikasi eSPT PPh 21, silahkan langsung saja install single installer yang versi 2.4 sehingga tidak perlu patch untuk update-update lagi.
Baca juga : Aplikasi eSPT PPh 21 Versi terbaru 2.4
Nah, pembahasan kali berkaitan dengan error yang saya alami ketika membantu wajib pajak dalam install eSPT PPh 21. Error yang saya alami baru kali ini saya temui. Pada saat proses instalasi eSPT PPh 21 memang berjalan dengan lancar bahkan aplikasi eSPT sukses terinstal di laptop. Namun, ketika dibuka dengan double klik espt2114 tiba-tiba muncul error "The Application Was Unable to Start Correctly 0xc000007b. Click OK To Close The Application". Klik OK dan aplikasi secara otomatis akan tertutup.

Untuk solusi pertama yang saya lakukan menemui error "The Application Was Unable to Start Correctly 0xc000007b. Click OK To Close The Application" adalah dengan uninstall lalui instal ulang eSPT PPh 21. Setelah berhasil instal ulang dan saya buka kembali, masih tetap muncul error yang sama.

Yang kedua saya coba copy ulang installer aplikasi eSPT PPh 21 dari sumber lain yang pernah berhasil sukses. Sebelumnya laptop saya restart dahulu lalu coba saya install juga tetap muncul error yang sama. 

Penyebab Error 0xc000007b

Karena saya bingung apa penyebabnya, akhirnya saya browsing dan sedikit menemukan apa penyebab munculnya error "The Application Was Unable to Start Correctly 0xc000007b. Click OK To Close The Application". Penyebabnya bisa jadi karena kerusakan direktori program dan/atau file komponen yang tidak sesuai.

Bisa juga karena ada komponen DLL yang tidak sesuai (anda install belum sempurna). Sistem operasi windows yang tidak compatible dengan aplikasi eSPT PPh 21, misal anda menjalankan aplikasi yang seharusnya di windows 32 bit tetapi di windows 64 bit. Ada yang mengatakan karena adanya virus di PC/laptop. Banyak versi yang menyebabkan muncul error tersebut, tetapi dari beberapa sumber dan versi kita dapat menjadikan sebagai salah satu jalan untuk mencari solusinya.

The Application Was Unable to Start Correctly 0xc000007b. Click OK To Close The Application
Aplikasi eSPT PPh 21 Error The Application Was Unable to Start Correctly 0xc000007b


Solusi Error 0xc000007b

Ada beberapa solusi yang bisa Anda terapkan untuk mengatasi eSPT PPh 21 error "The Application Was Unable to Start Correctly 0xc000007b. Click OK To Close The Application"
  • Untuk solusi yang pertama kali bisa anda terapkan adalah uninstall aplikasi eSPT PPh 21, lalu restart. Setelah itu cobalah dengan install ulang, pastikan installer yang anda gunakan adalah installer eSPT PPh 21 yang memang compatible dengan sistem windows yang anda gunakan.
  • Bisa juga penyebab error tersebut karena adanya virus ataupun antivirus yang anda gunakan. Pastikan tidak ada virus yang menjangkit Laptop/PC Anda. Jika anda memiliki antivirus, untuk sementara bisa anda disable dahulu. Barulah install aplikasi eSPT PPh 21 kembali. Sedikit cerita, kemarin waktu saya install eSPT PPh 21 ketika saya menancapkan flashdisk langsung dah terscan karena adanya virus, padahal sebelumnya sudah saya cek flashdisk saya bersih dari virus.
  • Salah satu software pendukung aplikasi eSPT adalah NET Framework. Bisa jadi NET Framework yang terinstal di PC/laptop anda sudah usang atau mengalami kerusakan. Cobalah instal ulang NET Framework minimal versi 4.0.
  • Setelah itu bisa anda coba dengan Run As Administrator. Klik kanan pada icon aplikasi eSPT PPh 21, pilih Properties. Pada Compatibility, pilih Mode Compatibility ke Windows 7 sekaligus centang "Run This Program as an Administrator"
  • Jika semua cara di atas memang tidak bisa mengatasi error yang anda hadapi bisa jadi karena Operating System Windows yang ada tidak mendukung (terdapat masalah). Sebaiknya silahkan anda update OS Windows dengan versi yang lebih baik.
Baca juga : Software Pendukung Yang Wajib Ada Untuk Install eSPT
Itulah beberapa penyebab dan solusi yang dapat anda terapkan untuk mengatasi error eSPT PPh 21 tidak dapat dibuka muncul error "The Application Was Unable to Start Correctly 0xc000007b. Click OK To Close The Application". Jika anda memiliki cara sendiri dan testimoni lain, silahkan tinggalkan komentar. Demikian, semoga bermanfaat.
eSPT PPh 21 Error The Application Was Unable to Start Correctly 0xc000007b Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Triwibowo

No comments:

Post a Comment