Solusi Buat CSV e-Faktur Error ETAX-10004 : Data Tidak Ditemukan

Untuk dapat melaporkan SPT Masa PPN syarat utama yang harus anda penuhi adalah laporan SPT Masa PPN dalam bentuk softcopy atau CSV dan hardcopy atau cetakan SPT. Baik CSV maupun hasil cetakan SPT Masa PPN harus dibuat melalui aplikasi e-faktur.

Pembahasan kali ini berkaitan dengan error saat buat CSV SPT Masa PPN e-faktur. Pada saat akan buat CSV tentunya anda sudah lengkap pengisian datanya. Ketika akan buat file CSV SPT Masa PPN dan klik "Buat File SPT (CSV)" tiba-tiba muncul error "ETAX-10004 : Data Tidak Ditemukan". Akibatnya file CSV tidak dapat terbentuk.

Buat File CSV Error ETAX-10004 : Data Tidak Ditemukan
Buat File CSV Error ETAX-10004 : Data Tidak Ditemukan

Solusi Error ETAX-10004

Jika anda sedang mengalami masalah error saat buat CSV "ETAX-10004 : Data Tidak Ditemukan". Penyebab utama munculnya error "ETAX-10004 : Data Tidak Ditemukan" kemungkinan besar aplikasi e-faktur yang sedang anda gunakan bermasalah. Bahkan bisa jadi database (db) e-faktur milik anda corrupt.

Sebelum menyatakan db e-faktur corrupt, ada solusi yang dapat anda terapkan dan semoga saja menjadi solusi apa yang sedang anda cari.

  • Download dan ekstrak ulang e-faktur terbaru, pastikan hasil download e-faktur tidak bermasalah. Sesuaikan dengan Sistem Operasi yang anda gunakan (bisa Windows 32 bit ataupun 64 bit).
  • Setelah berhasil mengekstrak ulang e-faktur terbaru versi 2.0. Ambil atau copy folder "db" aplikasi e-faktur lama dan pastekan ke aplikasi yang barusan anda ekstrak ulang.
  • Jalan EtaxInvoice dan silahkan buat file CSV ulang.
Apabila cara di atas tidak bisa menjadikan solusi atas error yang anda alami, dapat kita ambil kesimpulan bahwa database Anda corrupt. Penyebab database e-faktur corrupt bisa karena adanya virus. Sehingga yang harus anda lakukan adalah membuat database baru.
Baca juga : Cara Backup Data e-Faktur Ekspor Data
  • Backup dahulu data-data e-faktur anda dengan cara ekspor. Untuk cara backup data e-faktur dapat anda baca link di atas.
  • Setelah berhasil anda backup, langkah selanjutnya adalah membuat database e-faktur baru. Cara membuat database e-faktur baru dapat anda baca di bawah.
  • Apabila data-data e-faktur baru sudah masuk di database baru. Silahkan posting ulang SPT dan buat file CSV.
Baca juga : Cara Membuat Database e-Faktur Baru
Demikian untuk solusi tidak bisa buat file CSV error "ETAX-10004 : Data Tidak Ditemukan", semoga bermanfaat.
Solusi Buat CSV e-Faktur Error ETAX-10004 : Data Tidak Ditemukan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Triwibowo

No comments:

Post a Comment