Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Upload Dokumen Lain Reject Error ETAX-API-50001 : Upload Dokumen Corrupt, Lakukan Upload Ulang

Untuk e-faktur versi 2.0, Dokumen Lain memang harus untuk diupload dahulu. Sekarang dokumen lain membutuh approval dari DJP. Dalam proses upload Dokumen Lain saya menyarankan untuk upload satu-satu, tidak disarankan untuk upload secara bersamaan dengan blok seluruh dokumen lain baru upload. Sering kali jika hal tersebut dilakukan akan terjadi error "reject".

Tetapi dalam pembahasan kali ini berbeda, saat melakukan upload Dokumen Lain Pajak Masukan ternyata status approvalnya "reject". Error reject dengan keterangan "ETAX-API-50001 : Upload Dokumen Corrupt, Lakukan Upload Ulang".

Untuk error reject ETAX-API-50001 : Upload Dokumen Corrupt, Lakukan Upload Ulang sebenarnya sudah pernah dilakukan pembahasan sebelumnya tetapi dengan kode error e-faktur yang berbeda tetapi dengan keterangan yang sama.

Baca juga : Upload Faktur Reject Error ETAX-API-10001 : Upload Faktur Corrupt, Lakukan Upload Ulang

Reject Error ETAX-API-50001 : Upload Dokumen Corrupt, Lakukan Upload Ulang
Reject Error ETAX-API-50001 : Upload Dokumen Corrupt, Lakukan Upload Ulang


Solusi Error ETAX-API-50001 : Upload Dokumen Corrupt


Jika waktu anda upload dokumen lain baik Dokumen Lain Pajak Keluaran ataupun Dokumen Lain Pajak Masukan mengalami error reject "ETAX-API-50001 : Upload Dokumen Corrupt, Lakukan Upload Ulang" hal teresebut karena terdapat karakter yang bukan standart UTF-8. 

Baca juga : e-Faktur Reject Error ETAXSERVICE-20021 : Upload Faktur Corrupt, Ulang Kembali
Tenang, ada cara yang bisa anda lakukan untuk mengetahui karakter yang bukan standart UTF-8 yang menyebabkan upload dokumen lain reject. Berikut saya berikan beberapa langkah yang bisa anda jadikan sebagai solusi.

  • Export Dokumen Lain yang mengalami reject karena kode error "ETAX-API-50001" dalam format CSV (format otomatis). Pilih seluruh dokumen lain yang mengalami rejecr (blok semua) - klik kanan - export - hingga muncul keterangan export data selesai.
  • Hasil Eksport adalah berupa file CSV. Silahkan anda buka dengan Notepad ++.
  • Setelah file terbuka (pada notepad ++), pada bagian menu atas pilih encoding - Encode in UTF-8
  • Aplikasi Notepad ++ akan menampilkan karakter yang bukan standart UTF-8 dengan tanda karakter tersebut diblok hitam. Periksa satu satu karakter yang diblock hitam dan silahkan hapus seluruhnya.
  • Setelah semua terhapus, Save.
  • Selanjutnya yang harus anda lakukan adalah hapus Daftar Dokumen Lain yang mengalami reject ETAX-API-50001. Lalu import hasil notepad ++.
Demikian cara tersebut untuk mengetahui karakter yang bukan standat UTF-8. Setelah berhasil anda impor, lakukan upload ulang. Demikian, semoga bermanfaat.

2 comments for "Upload Dokumen Lain Reject Error ETAX-API-50001 : Upload Dokumen Corrupt, Lakukan Upload Ulang"

  1. Notepad ++ memang mantap untuk mendeteksi adanya karakter yang tidak terbaca di Notepad

    ReplyDelete