Upload Faktur Reject Error ETAX-30034 : Tidak Dapat Melakukan Signing Data

Pembahasan error e-faktur kali ini mungkin sudah jarang ditemui oleh wajib atau sudah tidak ditemui lagi. Tetapi tidak salahlah jika saya mengulasnya kembali, barangkali nanti atau sekarang ini anda sedang bingung mencari solusi yang sama atas permsalahan yang sama pula.

Saat upload faktur pajak baik keluaran ataupun masukan wajib pajak banyak yang mengalami status approval "reject". Terlebih setelah adanya update e-faktur versi 2.0, banyak kode-kode baru plus dengan keterangan yang baru bermunculan.

Seperti yang akan saya bahas. Saat upload faktur pajak masukan mengalami reject error "ETAX-30034 : Tidak dapat melakukan Signing Data, Terjadi Kesalahan pada saat Signing Data". Tidak hanya saat upload faktur pajak masukan, ada beberapa yang mengalami error ETAX-30034 saat upload faktur pajak keluaran, retur, dan dokumen lain.

Awalnya saya kira memang masalah e-fakturnya, dicoba restart e-faktur dengan tutup aplikasi e-faktur lalu buka kembali hasilnya tetap sama. Posisi dalam hal ini internet lancar bahkan uploadernyapun sukses berjalan. Tetapi setelah memahami keterangan yang muncul dari error reject tersebut yaitu "Tidak dapat melakukan Signing Data, Terjadi Kesalahan pada saat Signing Data" kita dapat mencari solusinya.

Upload Faktur Reject ETAX-30034 Tidak dapat melakukan Signing Data
Upload Faktur Reject ETAX-30034 Tidak dapat melakukan Signing Data

Solusi Error ETAX-30034

Jika anda mengalami upload faktur reject error ETAX-30034 : Tidak dapat melakukan Signing Data, Terjadi Kesalahan pada saat Signing Data, berikut solusi yang dapat anda terapkan

  • Download sertifikat elektronik e-faktur yang baru. Anda bisa download di enofa online. Sebelumnya pastikan sertifikat elektronik e-faktur tidak kadaluarsa.
  • Setelah berhasil anda download tempatkan sertifikat elektronik e-faktur dalam satu folder aplikasi e-faktur.
  • Setelah itu kenalkan atau import ulang sertifikat e-faktur tersebut ke dalam aplikasi e-faktur. Masuk menu Referensi - Administrasi Sertfikat.
  • Pastikan sukses
Apabila telah selesai mengenalkan atau import ulang sertifikat elektronik e-faktur, silahkan upload ulang. Banyak wajib pajak yang sudah menerapkan cara tersebut akhirnya berhasil upload dan approval sukses. Demikian, semoga bermanfaat.
Upload Faktur Reject Error ETAX-30034 : Tidak Dapat Melakukan Signing Data Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Triwibowo

No comments:

Post a Comment