Cara Input Nota Retur Sebelum e-Faktur

Tidak terasa penggunaan e-faktur telah lebih dari 2 tahun, tentunya banyak suka duka yang dialami ketika menggunakan aplikasi e-faktur. Bahkan dalam waktu yang masih dibilang singkat, aplikasi e-faktur telah mengalami beberapa kali update atau penyempurnaan hingga pada akhirnya awal bulan Oktober 2017, DJP secara resmi melakukan update aplikasi e-faktur ke versi 2.0.

Dengan kemunculan update aplikasi e-faktur versi 2.0, ada beberapa pertanyaan yang mungkin Andapun juga masih mencari solusinya. Seperti salah satu pertanyaan wajib pajak yang telah ditanyakan.

Bagaimana cara retur Faktur Pajak sebelum e-faktur? Sudah berkali kali coba upload retur sebelum e-faktur selalu "reject". Reject faktur tidak ditemukan.
Retur Sebelum e-Faktur
Retur Sebelum e-Faktur

Baca juga : Solusi Input Retur Error Nomor Faktur Pajak Tidak Ditemukan
Untuk meretur faktur pajak sebelum e-faktur bisa dilakukan. Cara retur faktur pajak sebelum e-faktur harus melibatkan kedua belah pihak (penjual dan pembeli). 
  • Pertama, untuk penjual selaku penerbit faktur pajak yang harus dilakukan pertama kali adalah menerbitkan/mengupload faktur pajak menggunakan aplikasi e-faktur. Silahkan input range nomor faktur pajak yang sudah anda terbitkan di aplikasi e-faktur (jika anda lupa silahkan cek di enofa online, pilih Riwayat Permintaan NSFP)
  • Setelah anda input range nomor faktur pajak, silahkan buat faktur pajak dengan nomor yang akan dilakukan retur.
  • Upload dan pastikan approval sukses 
Setelah penjual selaku penerbit faktur pajak upload faktur pajak di aplikasi e-faktur. Langkah selanjutnya adalah di Pembeli selaku penerima faktur pajak/yang mengkreditkan faktur pajak.
  • Pembeli juga harus melakukan upload faktur pajak atas faktur yang sudah diterima dari penjual untuk dijadikan kredit pajak/Faktur Pajak Masukan. Harus dilakukan upload juga dan pastikan approval sukses.
  • Setelah approval sukses barulah input retur atas faktur pajak tersebut.
Apabila retur faktur pajak tersebut telah approval sukses maka penjual juga harus input dan melakukan upload atas retur tersebut. Demikian, semoga bermanfaat.
Cara Input Nota Retur Sebelum e-Faktur Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Triwibowo

No comments:

Post a Comment