Input Faktur Pajak Error Terjadi Kesalahan, Tidak Dapat Menyimpan Faktur

Pembahasan kali ini mengenai error saat input faktur pajak. Pada saat input faktur pajak dan sudah lengkap input lawan transaksi, Nama BKP/JKP, dan harga BKP/JKP ternayata setelah klik Simpan muncul error. Error saat klik simpan "Terjadi Kesalahan, Tidak Dapat Menyimpan Faktur". Akibatnya faktur pajak tidak bisa simpan.

Jika anda sedang mengalami masalah error saat simpan faktur pajak dan sedang mencari solusinya, berikut akan saya berikan tipsnya

Input Faktur Pajak Error Terjadi Kesalahan, Tidak Dapat Menyimpan Faktur
Input Faktur Pajak Error Terjadi Kesalahan, Tidak Dapat Menyimpan Faktur


  • Yang pertama silahkan cek nama BKP/JKP yang telah anda input. Pastikan jumlah karakter sesuai ketentuan aplikasi e-faktur yaitu tidak lebih dari 255 karakter. Jika karakter yang anda input memang telah sesuai, cek kembali apakah ada karakter khusus yang anda input misal -_". Apabila ada, silahkan anda hapus/ganti.
  • Jika nama BKP/JKP yang sudah anda input memang sudah sesuai dan tidak ada karakter khusus tetapi ketika simpan faktur pajak masih muncul error "Terjadi Kesalahan, Tidak Dapat Menyimpan Faktur" kemungkinan besar database/aplikasi e-faktur corrupt dan bermasalah. Solusi selanjutnya adalah coba untuk mengganti aplikasi e-faktur dengan yang baru.
  • Aplikasi e-faktur yang baru maksudnya adalah download aplikasi e-faktur baru dan ekstrak hingga membentuk folder e-faktur. Setelah itu copy/ambil folder "db" dari e-faktur lama dan pastekan/masukkan ke dalam folder e-faktur yang baru saja anda ekstrak.
  • Jalankan eTaxInvoice dan input faktur kembali.
Kebanyakan error yang dialami oleh wajib pajak karena banyaknya karakter yang diinput untuk Nama BKP/JKP, sekaligus adanya karakter khusus yang tidak sesuai dengan aplikasi e-faktur. Demikian, semoga bermanfaat.
Input Faktur Pajak Error Terjadi Kesalahan, Tidak Dapat Menyimpan Faktur Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Triwibowo

No comments:

Post a Comment