Solusi e-Faktur Tidak Bisa Dibuka Java Virtual Machine Starts Failed

Pembahasan kali ini mengenai aplikasi e-faktur yang tiba-tiba error dan ujung-ujungnya tidak bisa dibuka bahkan untuk menerbitkan faktur pajakpun tidak bisa.

Saya mendapat telepon dari wajib pajak yang menanyakan terkait aplikasi e-fakturnya. Aplikasi e-faktur milik wajib pajak secara tiba-tiba mengalami error dan tidak bisa dibuka. Bahkan dicoba berkali kalipun tidak bisa, selalu muncul error. Aplikasi e-faktur tidak bisa dibuka muncul error "Java Virtual Machine Starts Failed".

Mencoba berulang-ulang tetap selalu muncul error tersebut. Yang membuat heran lagi error "Java Virtual Machine Starts Failed" tidak diketahui penyebabnya secara pasti. Padahal sebelum-sebelumnya aplikasi e-faktur dapat dijalankan normal.

e-Faktur Error Java Virtual Machine Starts Failed
e-Faktur Error Java Virtual Machine Starts Failed

Jika anda mengalami masalah yang sama, aplikasi e-faktur tidak bisa dibuka muncul error "Java Virtual Machine Starts Failed" ada solusi yang bisa anda terapkan. 

  • Silahkan cek software "Java" yang terinstal di laptop atau PC anda.  Bisa anda uninstall dan install ulang dengan software Java minimal versi 7.
  • Jika software Java yang terinstal pada laptop/PC anda memang sudah update tetapi masih saja muncul error "Java Virtual Machine Starts Failed" saat buka aplikasi e-faktur. Kemungkinan besar ada masalah di aplikasi e-faktur anda. Bisa jadi aplikasi e-faktur corrupt atau rusak karena adanya malware/virus.
  • Solusi selanjutnya adalah silahkan download aplikasi e-faktur versi 2.0 dan ekstrak hingga membentuk folder e-faktur. Jangan lupa sesuaikan Operating System laptop/PC, Windows 32 bit atau 64 bit.
  • e-Faktur bisa anda download di efaktur.pajak.go.id atau di link bawah ini.
Baca juga : Download Aplikasi e-Faktur Terbaru Versi 2.0
  • Setelah berhasil melakukan ekstrak e-faktur baru, langkah selanjutnya adalah ambil/copy folder "db" dari aplikasi e-faktur lama (yang error). Copy folder "db" dan langsung pastekan ke folder aplikasi e-faktur yang baru saja anda ekstrak.
  • Coba jalankan EtaxInvoice.
Untuk cara pertama dan kedua dapat anda terapkan, tinggal pilih mana yang menurut anda paling mudah untuk dilakukan. Demikian, semoga bermanfaat.
Solusi e-Faktur Tidak Bisa Dibuka Java Virtual Machine Starts Failed Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Triwibowo

No comments:

Post a Comment