Upload Retur Error ETAX-API-40004 : Tanggal Retur Tidak Sesuai Dengan Nota Retur Lawan Transaksi

Ada pertanyaan mengenai aplikasi e-faktur. Tentu saja pertanyaannya terkait adanya error e-faktur. Saat upload nota retur pajak keluaran di aplikasi e-faktur status approvalnya adalah reject.

Upload nota retur e-faktur "reject" dengan keterangan error "ETAX-API-40004 : Tanggal Retur Tidak Sesuai Dengan Nota Retur Yang Diterbitkan Lawan Transaksi". Bagiamana solusinya?

Dari keterangan error yang ada, sekilas membacanya dapat langsung kita tarik kesimpulan bahwa terdapat kesalahan pada tanggal nota retur.
Memang pembeli (lawan transaksi) sudah berhasil melakukan upload nota retur dan approval sukses. Namun, saat penjual akan input dan upload nota retur tersebut ternyata "reject" ETAX-API-40004 : Tanggal Retur Tidak Sesuai Dengan Nota Retur Yang Diterbitkan Lawan Transaksi. Hal ini dikarenakan tanggal nota retur tidak sesuai dengan kedua belah pihak.

Upload Retur Error ETAX-API-40004 : Tanggal Retur Tidak Sesuai Dengan Nota Retur Yang Diterbitkan Lawan Transaksi
Upload Retur Error ETAX-API-40004 : Tanggal Retur Tidak Sesuai Dengan Nota Retur

Solusi Error ETAX-API-40004

  • Pembeli harus melakukan pembatalan nota retur yang telah sukses upload di aplikasi e-faktur. Untuk informasi kepada Anda, adanya update aplikasi e-faktur versi 2.0 telah dapat dilakukan Pembatalan Nota Retur. Berbeda dengan versi aplikasi e-faktur sebelumnya (versi 1.46) yang tidak bisa melakukan pembatalan nota retur.
  • Lakukan pembatalan nota retur. Lalu input kembali dengan nota retur yang sesuai dengan tanggal nota retur.
  • Nota Retur yang telah sukses dibatalkan di aplikasi e-faktur tetap diterbitkan ke SPT Masa PPN dengan nilai DPP dan PPN adalah 0.
  • Untuk penjual, silahkan edit atau hapus lalu input kembali nota retur dengan tanggal yang sesuai (nota retur dari lawan transaksi/pembeli)
Baca juga : Perbedaan Faktur Pajak Pengganti dan Faktur Pajak Batal
Demikian, semoga bermanfaat.
Upload Retur Error ETAX-API-40004 : Tanggal Retur Tidak Sesuai Dengan Nota Retur Lawan Transaksi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Triwibowo

No comments:

Post a Comment