Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara memindahkan aplikasi efaktur ke PC atau laptop lain

cara memindahkan aplikasi efaktur ke PC lain

Bagi PKP yang memiliki mobilitas tinggi tentunya ingin aplikasi efaktur dapat dipindah-pindah dari PC ke laptop atau sebaliknya. Nah, ini tidak susah kok caranya, hanya butuh kadang efaktur saat dipindahkan ada sedikit perlakuan khusus tergantung PC atau laptop yang anda miliki.

Apabila aplikasi efaktur dipindah ke OS yang sama (32 bit ke 32 bit atau 64 bit ke 64 bit). Untuk windows dalam hal ini tidak dipermasalahkan baik windows 7 atau 8 selama masih dalam OS yang sama. Tinggal copy pastekan satu folder aplikasi efaktur dari PC/Laptop lama ke PC/Laptop Baru. Aplikasi akan berjalan tanpa masalah dan database akan sama dengan yang lama.
  • Download dan ekstrak aplikasi efaktur yang bisa didownload dilink sesuai OS PC/laptop anda misalnya aplikasi efaktur untuk windows 64 bit
  • Langsung pastekan folder db dan backup aplikasi efaktur anda ke dalam folder efaktur yang barusan anda ekstrak. Maka aplikasi anda yang semula 32 bit dapat berjalan di 64 bit.
Apabila aplikasi efaktur dipindah ke OS yang berbeda (32bit ke 64bit atau sebaliknya). Untuk metode ini cara nomor satu tidak berlaku. Yang perlu anda perhatikan, biasanya untuk downgrade dari PC/laptop OS 64 bit ke 32 bit, aplikasi efaktur dapat dilakukan dengan cara nomor satu tetapi jika upgrade 32bit ke 64bit harus memakai cara nomor 2. Demikian, semoga bermanfaat.

26 comments for "Cara memindahkan aplikasi efaktur ke PC atau laptop lain"

  1. jika pindah os 32 ke 64, kok muncul registernya ya, sy sudah jalankan isi npwp, sertifikat, phasspress, captha dan paswordnya, hasilnya registrsi null, apa saya langkahnya salah, mohon infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
  2. Betul, pak tri,, saya sudah register sebelumnya,, dan efaktur sy ud berjalan di os 32bit,, apa afa langkah saya yang salah sehingga saat connect data base muncul registernya, mohon pencerahaannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba db sama backup dicopykan ke aplikasi efaktur terbaru sesuai OS laptopnya. Jika masih muncul register lakukan reset aplikasi efaktur kemudian registrasi kembali. Kemungkinan dbnya bermasalah. Terima kasih

      Delete
  3. Cuman klo saya pake laptop tidak ada masalah Pak,,, trim's suportnya

    ReplyDelete
  4. Maaf Pak Tri,, apa penyebab DB bisa bermasalah,,trim's

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebanyakan kena virus sama update tidak berjalan normal. Untuk mindah aplikasi saya kira aman2 saja.

      Delete
  5. Pak tolong saya di bantu, saya pake e faktur di macbook. Kondisi skrg macbook saya rusak, dan saya ga bisa reset aktivasi untuk pindah ke laptop baru, laptop baru saya gunakan windows, gimana ya pak solusinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini folder db sama backup dari mac ada? Kalau ada tinggal dimasukkan ke aplikasi efaktur yg baru download sesuaikan OS windowsnya. Kalau tidak ada berrti harus registrasi ulang, tapi harus reset aplikasi client efaktur di enofa online dulu.

      Delete
    2. Intinya, ini ada backupnya tidak pak dari macnya?

      Delete
  6. selamat siang, saya ganti komputer dari sebelumnya windows xp os 32bit ke windows7 os32bit. untuk masuk tidak ada kendala tapi saat akan klik management uplod muncul kendala diminta input administrasi certificate, sudah saya masukkan yg ada gambar kunci dari kpp yg dulu trus diminta masukkan passphrase certificate dan saya input password yg biasanya saya pakai uplod faktur tapi setelah klik ok muncul peringatan failed to decript save content entry : javax.crypto.BadPaddingException:Given Final block not properly padded. mohon dibantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat siang
      Benar mbak jika melakukan pindah aplikasi efaktur meminta pach ukang sertifikat elektronik. Cara mbak sudan benar memasukkan yg gambar kunci tetapi pasaword yg dimasukkan salah. Masukkan passphrase mbak yg diperoleh dan dimasukkan pada waktu permintaan sertifikat elektronik pertama.

      Delete
    2. Passphrase itu yg dimasukkan sendiri, pada saat mendapatkan sertifikat elektronik.

      Delete
  7. saat pendaftaran dapat kode aktivasi di surat sama password aktivasi (via email), sudah saya coba pake yg kode aktivasi juga tidak bisa, keterangan sama failed to decript save content entry : javax.crypto.BadPaddingException:Given Final block not properly padded. mohon dibantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba diingat2 mbak passphrasenya. Kmrin yg daftar sertifikat elektronik, dikroscekan yg bersangkutan. Kalau passphrase hanya yg bersangkutan yg tau soalnya ngisi sendiri.

      Delete
    2. terima kasih atas informasi nya,ini sudah berhasil. saya lupa passphrasenya jadi saya coba terus, untungnya saya kalo buat password mirip2 jadi akhirnya ketemu. sekali lagi terima kasih

      Delete
    3. Alhamdullilah, samasama mbak

      Delete
  8. Gan mohon bantunya ni

    Caranya ngebackup e faktur di pc yang lama rusak.cara ngebackupnya gimna gan mohon pencerahanya terimakasih

    ReplyDelete
  9. siang pak tri,

    maaf mau tanya perihal pindah aplikasi efaktur dari win 7 32 bit ke win 10 64 bit, saya harus pakai cara yang mana yach ?

    terima kasih
    salam

    ReplyDelete
  10. Pakai cara yang kedua pak buyung, silahkan download aplikasi windows 64 bit, pastekan dbnya (dari 32 bit)

    ReplyDelete
  11. Assalamualaikum mz tri.Sy I.T baru disuatu perusahaan swasta kebetulan sya habis migrasi dr efaktur lama k v.2.Dan menemui bbrp kendala/mngkin bugs dari aplikasinya seperti ketika kita pilih last page (>>) nomor yang muncul bukan sebenarnya karena kita masih bisa menambahkan nomor record dengan tombol (>).Lalu utk proses upload faktur selalu loading lama kemudian disconnect!(Seperti overload server).Bagaimana solusinya mz tri.Terima kasih

    ReplyDelete
  12. pagi pak tri,

    baik pak, saya coba cara kedua.
    terima kasih banyak atas sarannya.

    salam

    ReplyDelete
  13. pagi, semoga berhasil pak. samasama

    ReplyDelete
  14. Mohon pencerahannya setelah pindah dr 32 ke 64 dan berhasil, ini waktu upload faktur keluar error etax-40003 dan etaxservice-2017 gmn ya?

    ReplyDelete
  15. Mohon pencerahannya, kasus saya sama seperti di atas setelah pindah dr 32 ke 64 dan berhasil, ini waktu upload faktur keluar reject E-Faktur corrupt etax-API-10001 gmn ya?

    ReplyDelete
  16. @mutiara media kreasi : coba sertifikatnya dipatch ulang di menu referensi. Jika masih sama coba cek nama BKP/JKPnya apakah ada tanda khususnya.

    ReplyDelete