Muncul (Error ETAX-60001 Tidak Dapat Melakukan Import Data) Saat Import Database e-Faktur dari Kantor Pajak

Sebelum saya masuk pembahasan mengenai munculnya error ETAX-60001 saya akan membahas kenapa bisa muncul error ETAX-60001. Mungkin saat ini anda akan melakukan import database e-faktur yang anda dapatkan dari kantor pelayanan pajak. Anda mendapat database e-faktur karena aplikasi e-faktur sebelumnya mengalami permasalahan atau kerusahan yang mengakibatkan anda mengajukan permohonan database ke Kantor Pelayanan Pajak. Setelah anda mendapat database dan mengecek isinya ternyata dalam bentuk winRAR ZIP Archive. 


Saat anda mencoba membuka database beformat winRAR ZIP yang anda peroleh dari Kantor Pelayanan Pajak ternyata dipassword. Anda pasti bingung kan? Ternyata memang database tersebut tidak perlu dibuka atau anda ekstrak seperti kebanyakan file format Winrar ZIP. Data tersebut langsung saja anda importkan ke dalam aplikasi e-faktur. Tentunya anda tau caranya mengimport data tersebut sehingga di aplikasi e-faktur muncul error error ETAX-60001. Setelah melakukan import anda malah tambah bingung kok muncul error.


Sudah saya jelaskan proses kenapa dapat muncul error ETAX-60001 langsung lanjut ke permasalahan. Dari permasalahan munculnya error ETAX-60001 dengan keterangan tidak dapat melakukan import data, yang pertama kali kita lakukan adalah mengecek penyebab dari kode ETAX-60001 di TABEL KODE ERROR-ETAX XXXXX. Jika tidak ada dalam daftar berarti anda disuruh untuk menganalisa dan mencari solusinya. Tenang, solusinya adalah patch ulang sertifikat elektronik anda ke dalam aplikasi e-faktur. Caranya masuk menu Referensi-Administrasi Sertifikat. Cari lokasi sertifikat elektronik dan masukkan passphrase yang telah dimiliki. Setelah sukses, cobalah import database kembali. Semoga berhasil.
Muncul (Error ETAX-60001 Tidak Dapat Melakukan Import Data) Saat Import Database e-Faktur dari Kantor Pajak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Triwibowo

6 comments:

Arif Kuncoro said...

kami sudah melakukan nya bisa jalan tetapi hasilnya gagal. mohon petunjuknya lebih lanjut. terima kasih

Triwibowo said...

Gagalnya keterangan apa mas? Apa masih sama eta-60001?

Joko Susilo said...

Kok masih gagal tetap muncul etax-60001 solusinya

Triwibowo said...

@Joko Susilo > sertifikat elektroniknya belm kadaluarsa? coba lagi..

Joko Susilo said...

Sudah di coba berkali-kali tp gak bisa
Sertifikat baru di perpanjangan

Triwibowo said...

@Joko Susilo > kalau sudah import sertifikat baru tetapi tetap tidak berhasil dan muncul error yang sama lagi, coba datang ke KPP untuk memastikan data yang diminta atau meminta ulang databasenya. Bisa jadi data yang diberikan KPP bermasalah.

Post a Comment