Cara Membatalkan Faktur Pajak di e-Faktur Versi 2.0

Masih seputaran terkait adanya update aplikasi e-faktur versi 2.0. Ada beberapa poin yang menjadi perubahan dari versi e-faktur sebelumnya, seperti contoh dalam hal melakukan pembatalan faktur pajak. Pada aplikasi e-faktur sebelumnya yaitu versi 1.46, PKP Penjual bisa langsung membatalkan Faktur Pajak tanpa validasi dari PKP Pembeli. Selain itu, apabila pembeli sudah mengkreditkan faktur pajak, untuk dapat melakukan pembatalan harus menerima dahulu informasi pembatalan Faktur Pajak dari penjual, PKP Pembeli baru dapat membatalkan Faktur Pajak.

Berbeda dengan versi e-faktur sebelumnya, aplikasi e-faktur versi 2 memiliki mekanisme baru untuk dapat melakukan pembatalan faktur pajak.
Cara Membatalkan Faktur Pajak di e-Faktur Versi 2.0
Membatalkan Faktur Pajak di e-Faktur Versi 2.0


Pembeli Belum Mengkreditkan PM

Apabila pembeli belum mengkreditkan Faktur Pajak Masukan (PM), penjual tidak perlu lagi menunggu validasi dari pembeli (seperti e-faktur versi sebelumnya). Silahkan melakukan pembatalan faktur pajak dengan klik Batalkan Faktur. Faktur Pajak akan berubah menjadi Batal.

Jika Pembeli mengupload Faktur Pajak masukan yang sudah dibatalkan oleh Penjual, maka status approvalnya akan Sukses tetapi status fakturnya otomatis berubah menjadi Batal.


Pembeli Sudah Mengkreditkan PM

Saat penjual membatalkan faktur pajak, maka status Faktur Pajak Keluaran tidak langsung berubah menjadi Batal (akan ada keterangan bahwa pembeli sudah menkreditkan faktur pajak). Oleh karena itu, pada aplikasi e-faktur versi 2.0 Penjual harus konfirmasi kepada Pembeli agar membatalkan faktur pajak masukannya.

Setelah Pembeli berhasil membatalkan Faktur Pajak Masukan, maka penjual bisa memperbaharui tampilan e-fakturnya agar Faktur Pajak Keluaran berubah statusnya menjadi Batal.

Barulah saat setelah faktur pajak sukses dibatalkan, maka PKP baik penjual maupun pembeli harus membuat SPT Masa PPN Pembetulan (jika sudah lapor SPT Masa PPN).

Perlu menjadi perhatian juga bagi Anda, apabila input dan akan mengkreditkan Pajak Masukan teliti dahulu sebelum melakukan upload. Untuk aplikasi e-faktur versi 2.0 Faktur Pajak Masukan hanya dapat sekali upload dan tidak dapat diubah masa pengkreditannya jika status approvalnya telah sukses, berbeda dengan versi sebelumnya. Demikian, semoga bermanfaat.
Cara Membatalkan Faktur Pajak di e-Faktur Versi 2.0 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Triwibowo

13 comments:

Melati Tirtaindrakencana said...

Haloo.

Saya mau tanya untuk pembatalan faktur pajak yang mana pembeli belum mengkreditkan PM. Ketika saya (penjual) membatalkan Faktur keluaran, selalu gagal. Keterangan yang muncul adalah:
- ETAX-20011: Tidak dapat mengupload faktur
- ETAXSERVICE-40008: Service Error. Lakukan upload ulang. null

Sebagai informasi tambahan, sebelum update aplikasi ke versi 2.0 , saya sudah membatalkan faktur tersebut dan sudah sukses pembatalan. Setelah update aplikasi, faktur memiliki keterangan normal. Setelah saya batalkan kembali, muncul seperti yang saya jelaskan diatas.

Mohon bantuannya rekan.

Terima kasih
Melati

Triwibowo said...

@melati : haloo
Dlam hal ini faktur sudah dibatalkan dan sukses ya.. Di refresh apakah sstusnya masih normal?

Melati Tirtaindrakencana said...

@triwibowo

Haloo terima kasih untuk responnya. Faktur sudah pernah dibatalkan dan sukses, tetapi sebelum dilakukannya update aplikasi efaktur versi terbaru.

Saya sudah mencoba hampir 1 minggu dengan dilakukan refresh, close app, log in lagi, melakukan hal yang sama kembali tetapi masih error seperti yang saya sebutkan diatas.

Mohon bantuannya rekan. Terima kasih

Triwibowo said...

@Melati : Mohon maaf, Untuk kasus seperi ini bisa menghubungi kring pajak di 1500200 atau email helpdesk efaktur di helpdeskefaktur@pajak.go.id untuk memastikan atas faktur tersebut.

Hal ini terkait dengan data center e-faktur.

Fiki Khapipah said...

maaf saya mau tanya, SPT masa 8 saya sdh saya laporkan, tp ada satu FPM yg masa pajak 8 blm saya rekam krna mau d masukkan k masa pajak 9, tetapi ketika d rekam saya salah memasukkan masa pajak yg hrusnya masa pajak 9 malah masa pajak 8, dan sudah berhasil d approve, nah apakah ada solusi lain selain pembetulan utk e-faktur versi 2.0? mhon bantuannya

Chelsea valim said...

@Melati : siang Bu, saya mau tny apakah masalah pembatalan faktur itu sudah selesai? Karena saya mengalami hal yg sama, dan saat saya telp kring pajak, saya hanya diminta untuk mencoba lagi. Dan ini sudah hari keempat saya mencoba dan tetap masih tidak bisa. Mohon bantuannya jika ibu sudah berhasil membatalkan faktur pajaknya. Trims

Ata Lier said...

Saya mau tanya. Saya kan sudah membatalkan faktur pajak tapi belum di beritahukan/di kasihkan fpnya ke pembeli. ApaKah saya harus kasihkan fpnya? Karena saya takut si pembeli input ke evatnya. Pdhl sudah saya batalkan.

Triwibowo said...

Ini pembatalan waktu efaktur masih 1.46 ya? Sampaikan saja ke pembeli, apakah sudah dibuat nota pembatalan juga?

J Comunication said...

@pak tribowo. Apakah kesalahan input faktur pajak masukan melalui aplikasi efaktur versi 2 ini gak bisa dilakukan perubahan/pembatalan lagi ?

J Comunication said...

@pak tribowo. Apakah kesalahan input faktur pajak masukan melalui aplikasi efaktur versi 2 ini gak bisa dilakukan perubahan/pembatalan lagi ?

Melati Tirtaindrakencana said...

dear all,

Case saya sudah selesai per 27 Oktober kemarin. artinya 10 hari kalender setelah saya telpon ke kring pajak, dan mesti bawel untuk tanya terus.

Sebenarnya, faktur yang saya maksud diatas seharusnya sudah batal sesuai database DJP. tapi di efaktur saya masih normal. Dan kita gak bisa apa2, bagian helpdesk efaktur yang akan bantu.

Terima kasiiih..

Dita Destiana said...

Saat pajak masukan akan disimpan saya pilih tidak pada pilihan pengkreditan, lalu saya rubah pengkreditannya jadi dapat dikreditkan. Kenapa otomatis sudah approval? Padahal blm saya upload.. Pilih batalkan faktur ga bisa, perintahnya harus lawan transaksi yg batalkan. Solusinya gmb ya? Saya ga upload karna pajak masukan lebih besar dr keluaran, jd saya msh bingung. Perusahaan baru kn beli barang dulu, sdgkn penjualannya msh sedikit. Mohon bantuannya pak

Misbah Ruddin said...

saya rekam FM dan sudah sukses uprove, ternhata saya salah rekam masa pajak. Yang terekam masa november seharusnya masa oktober. bagaimana cara mengubah masa pajaknya. saya sangat berharap e faktur versi 2 ini bisa di edit kredit masa pajaknya. sebab saya buln ini besar penjualannya sehingga menyebabkan KB.tKs

Post a Comment