e-Form Error Token Tidak Valid, Harap Cek Kembali Token Anda

Selesai input data SPT Tahunan 1770 pada e-Form Pajak, langkah selanjutnya adalah submit e-Form untuk mengirim SPT ke server DJP. Saat submit SPT, yang perlu anda perhatikan adalah koneksi internet yang tersambung pada PC/Laptop. Pastikan koneksi internet dalam kondisi prima (stabil).

Selain koneksi internet, pastikan kolom atau bagian-bagian e-Form telah anda isi sesuai kondisi anda saat tahun pajak bersangkutan. Tidak ada bagian yang berwarna pink.

Saat submit e-Form, banyak wajib pajak yang mengalami error seperti error blank tanpa keterangan, e-Form error status code 0, harus tersambung dengan internet, dan yang terbaru adalah "Token Tidak Valid, Harap Cek Kembali Token Anda"

e-Form Error Token Tidak Valid, Harap Cek Kembali Token Anda

Untuk solusi error saat submit e-Form sudah pernah saya buatkan tutorialnya dan Alhamdullilah banyak yang berhasil juga. 

Baca juga : Solusi e-Form Error Gagal Submit

Namun, dengan solusi tersebut masih saja muncul error dengan keterangan yang lain, yaitu Token Tidak Valid, Harap Cek Kembali Token Anda. 

Apabila anda mengalami error yang sama saat submit e-Form, Token Tidak Valid, Harap Cek Kembali Token Anda, berikut solusi yang dapat anda lakukan

  • Pastikan token yang anda masukkan valid. Maksud dari "token valid" adalah token benar-benar yang masuk pada email anda. Bedakan antara angka satu (1) dengan huruf (I) besar, antara angka (0) dengan huruf (O). Karena saya beberapa kali menemui wajib pajak salah dalam input token e-Form, kebolak balik.
  • Lihat pada bagian pilihan Pembukuan atau Pencatatan yang letaknya di pojok kanan atas. Pastikan anda telah memilih sesuai dengan kriteria anda.
  • Jika anda termasuk ke dalam kriteria wajib pajak dengan PP 46 atau PP 23, pastikan anda telah input rincian per bulan PP 46/PP 23 pada Lampiran 1770-III Bagian A-16
e-Form Error Token Tidak Valid, Harap Cek Kembali Token Anda

Rincian PP 46/23 per bulan harus anda isi sesuai rincian penghasilan bruto dan pembayaran PP 46/23 yang telah anda lakukan.

  • Setelah menerapkan solusi di atas belum berhasil, carilan bagian e-Form yang masih berwarna pink. Karena warna pink menandakan Formulir SPT 1770 harus anda isi.
Kebanyakan wajib pajak memang salah dalam mengisi token e-Form. Jika anda tidak menerima email token e-Form, tinggal kirim ulang token melalui djponline.pajak.go.id.


Rincian omzet perbulan beserta pembayaran berdasarkan PP 46/13 harus anda isi dan simpan.

Apabila perbaikan data SPT e-Form telah selesai dan submit e-Form ditemukan error yang sama, langsung saja kroscek token e-Form di KPP terdaftar atau hubungi kring pajak 1500200. Demikian, semoga bermanfaat

1 Response to "e-Form Error Token Tidak Valid, Harap Cek Kembali Token Anda"

  1. Sedikit tambahan mengenai pembahasan di atas

    Apabila rekan-rekan masih saja mengalami eform error token tidak valid, silahkan anda coba cek arsip SPT. Bisa jadi sudah berhasil submit.

    Karena sempat ada error token tidak valid, ternyata setelah cek bagian Arsip SPT telah berhasil submit. Sehingga akan disubmit kembali sudah tidak bisa karena token sudah digunakan..

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel