Cara Mengganti Penandatangan e-Faktur

Mungkin bagi sebagian wajib pajak terutama PKP ada yang belum memahami prinsip yang ada di aplikasi e-faktur yang berkaitan dengan penandatanganan e-faktur. Prinsip aplikasi e-faktur, yang dapat mengupload faktur pajak adalah yang menandatangai e-faktur. Siapa yang menandatangai? Yang menandatangani faktur pajak di aplikasi e-faktur adalah pejabat yang sudah didaftarkan kepada Direktorat Penderal Pajak. Selain itu juga merupakan pegawai atau user yang diberikan previleges sebagai admin utama.

Disamping itu, yang akan tertera dalam e-faktur adalah yang anda daftarkan saat masukkan nama lengkap di daftar user saat registrasi aplikasi e-faktur. Penandatanganan e-faktur juga terpaku pada menu Management Upload - Profil PKP bagian penandatanganan.

Cara Mengganti Penandatangan e-Faktur

Cara merubah penandatanganan e-faktur sebenarnya cukup simpel. Yang perlu anda lakukan adalah daftarkan pejabat, pegawai dan/atau pengurus perusahaaan yang telah ditunjuk sebagai penandatanganan e-faktur ke Direktorat Jenderal Pajak. Silahkan datang ke KPP tempat anda terdaftar untuk mendaftarkan.

Setelah orang yang sudah ditunjuk sebagai penandatangan e-faktur terdaftar resmi di Direktorat Jenderal Pajak selanjutnya anda perlu merubahnya di aplikasi e-faktur. Silahkan masuk menu Referensi - Administrasi User - Pilih user admin utama dan klik ubah user. Silahkan ubah nama lengkap user dengan penandatangan yang baru kemudian klik daftarkan user.

Cara Mengganti Penandatangan e-Faktur
Cara Mengganti Penandatangan e-Faktur

Setelah itu anda harus merubah juga profil PKP di menu Management Upload - Profil PKP - Penandatanganan. Jika keduanya sudah anda rubah maka penandatanganan e-faktur anda akan berubah dengan yang baru dan barusan anda daftarkan.

Yang harus anda perhatikan juga adalah nama penandatangan yang sudah salah atau terlanjur sukses upload sudah tidak bisa dirubah. Salah satu cara untuk merubahnya, anda harus membuat faktur pajak pengganti. 

Apabila setelah anda merubah penandatangan e-faktur dan anda mempreview faktur tersebut, yang keluar tetap nama penandatanganan yang lama atau nama Perusahaan tidak usah khawatir. Hal tersebut karena belum anda upload dan status belum approval sukses oleh Direktorat Jenderal Pajak. Setelah faktur anda upload dan status approval sukses maka penandatangan akan berubah sesuai dengan yang anda rubah atau yang ditunjuk. Demikian, semoga bermanfaat.
Cara Mengganti Penandatangan e-Faktur Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Triwibowo

14 comments:

DEDEN said...

TERIMA KASIH TAK TERHINGGA, AKHIRNYA KAMI DAPAT MENGGANTI PENANDATANGAN E-FAKTUR PAJAK TANPA HARUS DATANG KE KPP. SEMOGA ALLAH S.W.T. MEMBALAS KEBAIKAN ANDA, AMIN, AMIN, AMIN, YAA RABBAL 'ALAMIIN

Triwibowo said...

Aamiin Ya Raobbalalamin, terima kasih juga pak. Senang bisa membantu

Andrean Dendy said...

sangat membantu untuk menambah pengetahuan bagi yang baru menggunakan e faktur tanpa harus datang langsung ke kpp .
terima kasih admin .

Triwibowo said...

samasama mas, senang bisa membantu :)

bundha said...

mau tanya dunk kak
ini kalo aq sdh ganti nama dan sertifikat ekectronik di kpp tgl 12 feb 2018 tapi ini skrg aq masih ada FP masa 1 gmn ya kak? apa itu ga pa pa pake nama penandatanganan yang baru?
mohon bantuannya dunk bagi yang tau

bundha said...

urgent ni ....
rekan q telp di KPP belum dapet jawaban...

Triwibowo said...

Apabila sertifikat elektroniknya sudah diganti berrti harus menggunakan serrifikat elektronik yang baru buk. Apabila pake sertifikat yg lama nanti tidak bisa upload. Untuk tanda tangannya bisa mengikuti identitas yang baru karena faktur yg akan diterbitkan pada masa 01 termasuk faktur yg terlambat diterbitkan

Silvia Nasser said...
This comment has been removed by the author.
Silvia Nasser said...

halo pak triwibowo,,
mau tanya, saya sudah berhasil melakukan semua langkah diatas, yg menjadi pertanyaan, kenapa data pajak keluaran saya hilang semua ya?

Triwibowo said...

Halo...
Sudah di F5 atau refresh bagian faktur pajak keluarannya?
Atau jangan2 malah membuat user baru sehingga login dengan user baru tersebut?

Pujiati Poni said...

berarti tidak perlu ke KPP cukup diupdate di aplikasi e fakturnya ya?.thank you sebelumnya

Pum Yang Perdana Unggul said...

pak, kalau kasusnya untuk pengguna ONLINE PAJAK.. Bgaimana caranya ya?
karena biasanya yg muncul adalah nama perusahaan, mengapa sekarang yg muncul nama saya?

Triwibowo said...

@Pum Yang Perdana Unggul : mohon maaf pak untuk melalui online pajak saya belum mengetahui secara detailnya. Bisa ditanykan ke admin online pajak. Terima kasih

Unknown said...

Mas mau nanya , aku bru memperpanjang sertifikat efaktur dgn perubahan dta npwp direktjr baru, pas saat mau ganti di aplikasi efaktur direfensi tu ud keganti dan diprofil jg ud ganti, tp pas saat saya bka pajak keluaran mau input nama penadatangannya ngk berubah dgn yg baru, cma perekam dana da stu lgi jg berubah. Apa masalhnya ya mas saya ud serch ud baca ud bner caranya trims

Post a Comment