e-Faktur Error Tidak Bisa Dibuka Java Runtime Environment Not Valid

efaktur error Java Runtime Environment Not Valid
e-Faktur Error Java Runtime Environment Not Valid
Berkaitan dengan aplikasi e-faktur, ada beberapa permasalahan yang sering dialami oleh wajib pajak mulai dari upload faktur reject, lupa password, hingga yang paling bikin sedikit jengkel adalah error tidak bisa dibuka. Tapi, bagi anda pengguna aplikasi e-faktur tidak perlu khawatir apabila mengalami error. Pasti ada solusi dari setiap error yang ada.

Sedikit cerita, ada wajib pajak yang menggunakan aplikasi e-faktur, dalam kesehariannya menggunakan laptop yang sama dan lancar dalam menggunkan aplikasi e-faktur. Entah karena apa tidak diketahui, waktu akan membuka aplikasi e-faktur untuk upload faktur pajak tiba-tiba tidak bisa dibuka.

Disamping aplikasi e-faktur tidak bisa dibuka, terdapat keterangan "Java Runtime Environment Not Valid". Awalnya bingung juga, tiba-tiba kok tidak bisa dibuka. Tapi tenang, pasti ada solusi untuk mengatasinya.

Pertama yang perlu anda lakukan adalah menginstal kembali Java terutama veri 7 dan/atau 8. Silahan dowload java jika belum memiliki. Dengan instal ulang java, pernah berhasil dan aplikasi e-faktur dapat digunakan kembali. Akan tetapi ada juga yang setelah instal masih tetap muncul "Java Runtime Environment Not Valid".

Kedua, silahkan ekstrak kembali aplikasi e-faktur yang baru. Ambil foder db dari e-faktur yang mengalami error atau tidak bisa dibuka. Copy atau masukkan folder db tersebut ke dalam folder e-faktur yang barusan anda ekstrak. Selanjutnya jalankan EtaxInvoice kembali. Pastikan juga di dalam folder e-faktur terdapat folder java.

Apabila kedua cara tersebut tidak membuahkan hasil juga, silahkan sertakan komentar untuk pembahasan yang lebih lanjut. Demikian, semoga bemanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

4 Responses to "e-Faktur Error Tidak Bisa Dibuka Java Runtime Environment Not Valid"

  1. Tetap tidak bisa dibuka walaupun sudah di download jdk versi 7

    ReplyDelete
  2. Jika sudah terinstal, restart pc atau laptopnya. Jika tidak bisa juga. Ganti aplikasi efakturnya dengan memindahkan db.

    ReplyDelete
  3. di PC saya ada 5 aplikasi efaktur untuk 5 perusahaan berbeda. di versi 2.0, saya membuat 5 shortcut aplikasi etaxinvoice.exe, dan tidak ada masalah ketika saya dobel klik salah 1 etaxinvoice itu. (misal saya menamakan etaxinvoice pt.abrakadabra, etaxinvoice pt. simsalabim dst)

    nah di versi 2.1 ini, kalo saya menamakan shrotcut nya menjadi etaxinvoice pt.abrakadabra, dibuka malah tidak bisa. ada error "java runtime environment not found"

    tentu saja saya instal ulang semua, copas db dst. namun kalau nama etaxnya menjadi etaxinvoice pt.abrakadabra, tetap tidak bisa dibuka (error), namun kalo namanya tetap etaxinvoice (bawaan ketika sudah diinstal) malah bisa dibuka. database dan lain2 tidak ada masalah. kenapa ya di versi 2.1 ini kok seperti ini?

    ReplyDelete
  4. @Dunia Arya : kalau shotrcut-nya tidak direname apakah bisa jalan? untuk masalah ini saya belum mencobanya pak

    ReplyDelete

Iklan di bawah judul

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel