Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

e-Faktur Error Tidak Bisa Dibuka Java Runtime Environment Not Valid

efaktur error Java Runtime Environment Not Valid
e-Faktur Error Java Runtime Environment Not Valid
Berkaitan dengan aplikasi e-faktur, ada beberapa permasalahan yang sering dialami oleh wajib pajak mulai dari upload faktur reject, lupa password, hingga yang paling bikin sedikit jengkel adalah error tidak bisa dibuka. Tapi, bagi anda pengguna aplikasi e-faktur tidak perlu khawatir apabila mengalami error. Pasti ada solusi dari setiap error yang ada.

Sedikit cerita, ada wajib pajak yang menggunakan aplikasi e-faktur, dalam kesehariannya menggunakan laptop yang sama dan lancar dalam menggunkan aplikasi e-faktur. Entah karena apa tidak diketahui, waktu akan membuka aplikasi e-faktur untuk upload faktur pajak tiba-tiba tidak bisa dibuka.

Disamping aplikasi e-faktur tidak bisa dibuka, terdapat keterangan "Java Runtime Environment Not Valid". Awalnya bingung juga, tiba-tiba kok tidak bisa dibuka. Tapi tenang, pasti ada solusi untuk mengatasinya.

Pertama yang perlu anda lakukan adalah menginstal kembali Java terutama veri 7 dan/atau 8. Silahan dowload java jika belum memiliki. Dengan instal ulang java, pernah berhasil dan aplikasi e-faktur dapat digunakan kembali. Akan tetapi ada juga yang setelah instal masih tetap muncul "Java Runtime Environment Not Valid".

Kedua, silahkan ekstrak kembali aplikasi e-faktur yang baru. Ambil foder db dari e-faktur yang mengalami error atau tidak bisa dibuka. Copy atau masukkan folder db tersebut ke dalam folder e-faktur yang barusan anda ekstrak. Selanjutnya jalankan EtaxInvoice kembali. Pastikan juga di dalam folder e-faktur terdapat folder java.

Apabila kedua cara tersebut tidak membuahkan hasil juga, silahkan sertakan komentar untuk pembahasan yang lebih lanjut. Demikian, semoga bemanfaat.

18 comments for "e-Faktur Error Tidak Bisa Dibuka Java Runtime Environment Not Valid"

  1. Tetap tidak bisa dibuka walaupun sudah di download jdk versi 7

    ReplyDelete
  2. Jika sudah terinstal, restart pc atau laptopnya. Jika tidak bisa juga. Ganti aplikasi efakturnya dengan memindahkan db.

    ReplyDelete
  3. di PC saya ada 5 aplikasi efaktur untuk 5 perusahaan berbeda. di versi 2.0, saya membuat 5 shortcut aplikasi etaxinvoice.exe, dan tidak ada masalah ketika saya dobel klik salah 1 etaxinvoice itu. (misal saya menamakan etaxinvoice pt.abrakadabra, etaxinvoice pt. simsalabim dst)

    nah di versi 2.1 ini, kalo saya menamakan shrotcut nya menjadi etaxinvoice pt.abrakadabra, dibuka malah tidak bisa. ada error "java runtime environment not found"

    tentu saja saya instal ulang semua, copas db dst. namun kalau nama etaxnya menjadi etaxinvoice pt.abrakadabra, tetap tidak bisa dibuka (error), namun kalo namanya tetap etaxinvoice (bawaan ketika sudah diinstal) malah bisa dibuka. database dan lain2 tidak ada masalah. kenapa ya di versi 2.1 ini kok seperti ini?

    ReplyDelete
  4. @Dunia Arya : kalau shotrcut-nya tidak direname apakah bisa jalan? untuk masalah ini saya belum mencobanya pak

    ReplyDelete
  5. Saya pernah mengalami kejadian seperti diatas. kejaidan itu terjadi saat menggunakan efaktur ver 2.1 yang 64 bit. solusinya Saya ganti dengan yang efaktur ver 2.1 yang 32bit (walaupun windowsnya pakai yang 64bit). dan Efaktur berjalan normal dengan versi yang 32bit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih pak untuk pengalamannya pindah 64 bit ke 32 bit..

      Delete
    2. ini solusinya juga, untuk error not valid pada update efaktur 3.0.0.1

      Delete
    3. untuk file patch update efakturnya sudah sesuai? misalnya PC 32 bit harus patch 32 bit. Bisa dicoba juga dengan klik EtaxInvoiceUpd

      Delete
    4. Saya juga mengalami error diatas saat update efaktur di pc client. Patch sudah sama 32 bit. Saat jalankan program lama tidak muncul java environment not valid. Namun saat coba jalankan program baru dengan memindahkan program lama
      (3 file) ke folder baru. Malah muncul error java environment not valid

      Delete
    5. sebelum buka etaxinvoice, coba klik dulu etaxinvoiceUpd pak, semoga berhasil

      Delete
    6. Barusan sy mengalami masalah spt ini dan cari2 tau solusinya.. awalnya sy juga muncul eror java runtime. komputer sy pakai versi system 64 bit, lalu saya download patch versi 64 bit. ketika saya jalankan program, muncullah eror java itu. Lalu saya coba download patch yang versi 32bit, saya copas dan jalankan. Ternyata berhasil. aplikasi e tax sy sudah terupdate ke versi 3.0 dengan patch 32bit walaupun komputer saya versi 64bit.

      Delete
    7. Terima kasih pak sharingnya...

      Delete
  6. Biasanya error setelah menginstal program semisal Microsoft Office dan lainnya yg merubah Runtime Java. bahkan icon file exe nya entah kabur kemana.

    ReplyDelete
  7. terima kasih atas bantuan pencerahannya

    ReplyDelete
  8. Terimakasih pencerahannya... akhirnya bisa juga...

    ReplyDelete