eSPT Tahunan PPh OP 1.6 Error Operation Must Use an Updateable Query

Error kali ini masih membahas tentang aplikasi eSPT Tahunan PPh Orang Pribadi versi 1.6. Karena aplikasi eSPT Tahunan PPh OP 1.6 merupakan salah satu update terbaru dari DJP, jadi masih ada beberapa error baru yang muncul.

Untuk error-error yang berkaitan dengan aplikasi eSPT Tahunan PPh OP 1.6 terbaru 2019 sudah pernah saya buatkan artikel beserta solusinya sebelumnya. Silahkan anda cari di home efakturespt.com, karena baru beberapa hari kemarin saya terbitkan.

Update aplikasi eSPT Tahunan PPh OP 1.6 tidak terjadi error atau kendala apapun. Sampai beberapa hari, Alhamdullilah aplikasi eSPT lancar dipergunakan.

Sewaktu membuka aplikasi dan koneksi database eSPT Tahunan PPh Orang Pribadi tidak ada error juga. Namun, saat akan membuat SPT tahun pajak 2018 tiba-tiba muncul error Operation Must Use an Updateable Query. Agak kaget juga karena error ini tiba-tiba muncul padahal sebelumnya tidak masalah dan pernah mengalami error ini di aplikasi eSPT Tahunan PPh Badan 1771.

eSPT Tahunan PPh OP 1.6 Error Operation Must Use an Updateable Query


Apabila anda mengalami error yang sama saat akan membuat SPT Tahunan PPh OP dengan keterangan Operation Must Use an Updateable Query, ada beberapa solusi yang dapat anda lakukan.

Langkah pertama, saat membuka aplikasi eSPT silahkan klik kanan pilih Run as Administrator. Apabila belum berhasil juga, aplikasi eSPT Tahunan PPh OP klik kanan - Properties - Compatibility. Pada Privilege Level, centang Run this program as an administrator. Apply dan OK.

eSPT Tahunan PPh OP 1.6 Error Operation Must Use an Updateable Query

Dengan langkah pertama saya coba sudah berhasil dan dapat membuat SPT Tahun pajak 2018. Apabila anda belum berhasil juga, silahkan ikuti solusi langkah kedua.

Pada langkah kedua, solusi yang dapat anda lakukan adalah mengganti database eSPT Tahunan PPh OP. Untuk database kosong silahkan anda download database kosong eSPT pada link di bawah ini.


Download database kosong lalu setting ODBC untuk mengkoneksikan database dengan aplikasi eSPT Tahunan PPh OP 1.6. Untuk cara menambah database eSPT melalui ODBC silahkan anda ikuti langkah menambah database eSPT melalui ODBC.

eSPT Tahunan PPh OP 1.6 Error Operation Must Use an Updateable Query

Yang terakhir, jangan lupa cek Regional Setting pada laptop atau PC anda. Pastikan sudah tersetting dalam formats dan location Indonesia. Demikian, semoga bermanfaat

2 Responses to "eSPT Tahunan PPh OP 1.6 Error Operation Must Use an Updateable Query"

  1. Hi Pak,
    Salam kenal.
    Saya mengalami error ini pada saat akan "menyimpan" data pada menu "Daftar Pembayaran PPh Final Untuk Penghasilan Dengan Jumlah Peredaran Bruto Tertentu"
    Mohon pencerahannya.
    Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo pak chuang..
      sudah coba cara di atas atas? cek regional setting pada pc/laptopnya jg pak

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel