Cara Backup database efaktur_eksportimport

Melanjutkan cara membackup database e-faktur, kali ini saya akan menjelaskan metode yang kedua yaitu metode eksportimport. Untuk metode ini kita harus login ke dalam aplikasi efaktur. Langsung saja kita masuk dalam penjelasan. Login aplikasi e-faktur anda dan pilih mana yang akan anda backup, kalau saran saya semuanya mulai dari Faktur Keluaran, Faktur Masukan, retur keluaran, retur masukan, dokumen lain, referensi lawan transaksi dan barang/jasa.

Eksort data e-faktur merupakan salah satu kegiatan memindahkan data dari sumbernya yaitu aplikasi e-faktur ke tempat lain. Hal ini saya sarankan untuk memindahkan atau menyimpan file di tempat terpisah seperti di flashdisk atau Compact Disk (CD) yang tentunya aman dari virus. Cara ini termasuk mudah dan aplikasi e-faktur untungnya mengakomodir cara ini sebagai salah satu cara untuk membackup data.

Sesuai penjeasan diatas bahwa untuk eksport impor berbeda dengan cara backup yang copy paste. Anda harus mengimport semua element data yang pernah anda inputkan. Yang akan saya jadikan tutorial adalah cara backup database pajak keluaran, untuk yang lain caranya tetap sama namun itemnya yang berbeda.

cara backup data e-faktur, pajak keluaran
cara backup data e-faktur, pajak keluaran

Login ke aplikasi e-faktur yang anda miliki, kemudian pilih menu faktur - pajak keluaran dan pilih export lalu save file. Nanti anda akan diarahkan ke direktori penyimpanan data, pilih lokasi penyimpanan. Klik open maka proses export data akan berjalan hingga muncul notifikasi export data selesai yang menandakan anda sukses mengexport. Format file yang tersimpan nantinya adalah CSV.

Apabila data telah anda ekport dalam bentuk CSV dan aplikasi e-faktur anda bermasalah, maka anda tidak perlu resah karena masih punya backup yang nantinya tinggal anda import ke dalam aplikasi e-faktur baru. Demikian semoga bermanfaat.
Cara Backup database efaktur_eksportimport Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Triwibowo

No comments:

Post a Comment