Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Solusi Cannot Connect to The Network folder. Ensure The Shared Folder Name is Correct.

Share folder dalam jaringan memang sangat bermanfaat bagi kelangsungan kinerja kantor. Terutama ketika adanya keterbatasan hardware yang tidak memungkinkan untuk membeli baru. Namun saat setting share folder dalam jaringan tidak terlepas dari error ataupun kendala.

Seperti yang saya alami berikut ini,

Error Cannot Connect to The Network Folder

Ketika akan menghubungkan scanner HP Laserjet dalam jaringan kantor ternyata muncul error Cannot Connect to The Network folder. Ensure the shared folder name is correct. Padahal password sudah sesuai, network foldernya juga sesuai.

Solusi Cannot Connect to The Network folder. Ensure The Shared Folder Name is Correct.


Bahkan, folder network ketika diakses oleh banyak orang bisa dan tidak ada error sama sekali. Saya coba berulang kali hasilnya sama tetap muncul Cannot Connect to The Network folder. Ensure The Shared Folder Name is Correct.

Solusi dari error Cannot Connect to The Network folder. Ensure the shared folder name is correct adalah mengaktifkan SMB 1.0/CIFS File Sharing Support. Dicentang semuanya mulai dari SMB 1.0/CIFS Autimatic Removal, SMB 1.0/CIFS Client,dan SMB 1.0/CIFS Server.

OS yang saya gunakan adalah Windows 11 pro 64bit. Untuk anda yang memakai OS Windows 10 cara mengaktifkan SMB 1.0 juga sama.

Cara Mengaktifkan SMB 1.0/CIFS File Sharing Support

Cara Mengaktifkan SMB 1.0/CIFS File Sharing Support


  1. Silahkan anda masuk ke Control Panel
  2. Pilih Programs - Programs and Features
  3. Pilih Turn Windows features on or off
  4. Pada jendela Windows Features, scroll kebawah dan cari nama SMB 1.0/CIFS File Sharing Support
  5. Selain itu pilih juga SMB 1.0/CIFS Automatic Removal, SMB 1.0/CIFS Client, dan SMB 1.0/CIFS Server
  6. Pastikan tercentang semua
  7. Klik OK
Apabila setelah setting SMB 1.0 tetap belum berhasil, silahkan anda restart PC/Laptop yang anda gunakan. Lalu dicoba setting kembali.

Untuk kelebihan dan kekurangan mengaktifkan SMB 1.0/CIFS silahkan baca-baca terlebih dahulu. Karena ada dampak positif dan negatifnya. Melindungi lalu lintas SMB dari intersepsi. Demikian, semoga bermanfaat

Post a Comment for "Solusi Cannot Connect to The Network folder. Ensure The Shared Folder Name is Correct."