Cara Reset Aplikasi efaktur

Kasus mereset aplikasi efaktur sekarang banyak dilakukan oleh PKP. Penyebab aplikasi efaktur harus direset berbagai macam alasannya. Bisa jadi karena database terkena virus sehingga database corrupt, lupa password atau username login aplikasi efaktur, dan PKP pindah KPP. Dengan cara reset aplikasi efaktur anda nantinya harus registrasi ulang dengan aplikasi efaktur terbaru. Biasanya permasalahan yang rumit akan terselesaikan dengan reset aplikasi efaktur.

Sebelum anda mereset aplikasi efaktur, anda harus instal sertifikat digital ke dalam browser. Tujuan instal sertifikat digital adalah sebagai otentifikasi browser terhadap website enofa online. Jika anda tidak menginstal sertifikat digital terlebih dahulu, dapat dipastikan tidak akan bisa mereset aplikasi efaktur. Saya coba tidak menginstal sertifikat dan langsung melakukan reset di enofa online muncul notifikasi "Certificate-based authentication failed". Berikut ini cara menginstal sertifikat digital kedalam browser
Jika anda menggunakan browser baik google chrome maupun Mozilla Firefox, cara instal sertifikat digital sudah ada link di atas. Apabila sudah sukses instal sertifikat digital langsung saja mulai reset aplikasi efaktur.

Pertama, Login Aplikasi Enofa Online, masukkan NPWP (tanpa tanda baca) dan Password Enofa. Password ini jika belum anda rubah berisi kombinasi huruf dan angka yang di dapat saat aktivasi akun PKP. Setelah login berhasil, pilih menu Reset Aplikasi Client, posisi menu ada di kiri paling bawah (lihat gambar dibawah)


Login berhasil dan klik reset aplikasi client
Jika muncul tampilan seperti dibawah ini pada browser, klik anvanced-Proceed to efaktur.pajak.go.id (unsafe). pertama menghadapi keterangan tersebut saya khawatir nanti terjadi hal-hal yang tidak diinginkan karena ada keterangan unsafe. Ternyata hal ini tidak perlu dimasalahkan, langsung saja ikuti yang ada dalam gambar.

cara reset efaktur
Klik Reset Aplikasi
Setelah itu akan muncul informasi terkait registrasi efaktur dekstop anda, merupakan tanggal registrasi efaktur sebelumnya. Informasi tersebut untuk mengingatkan kembali bahwa aplikasi efaktur yang anda miliki sudah teregistrasi. Langsung saja klik Reset Aplikasi (lihat gambar di atas).

Kemudian akan muncul dialog untuk memasukkan kode aktivasi dan password enofa. Setelah anda masukkan dengan benar maka Aplikasi efaktur anda akan tereset dan anda harus registrasi ulang aplikasi efaktur. Untuk registrasi ulang efaktur kode aktivasi anda berubah dan gunakan kode aktivasi yang baru untuk registrasi. Kode aktivasi baru dapat anda lihat di Profile User di website enofa online. Demikian, semoga bermanfaat

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »