Spesifikasi Untuk Menjalankan Aplikasi efaktur

Bicara tentang aplikasi pasti kalau tidak berhubungan dengan handphone ya komputer. Aplikasi itu akan berjalan lancar seiring tingginya spesifikasi si perangkat dalam (pembahasan ini adalah komputer). Tak hanya perangkat kerasnya (hardware) juga yang menjadi acuan setiap aplikasi yang akan kita gunakan. Pastinya sistem operasinya juga mulai dari adanya UNIX, LINUX, Microsoft Windows, Mac atau Macintosh memiliki perbedaan dalam pengeporasian sebuah aplikasi.

Dalam hal ini tentunya yang akan saya bahas adalah spesifikasi untuk menjalankan aplikasi e-faktur. Ya pastilah ada rekomendasi khusus dari empunya e-faktur, bukan sembarang PC aja langsung instal. Tidak usah panjang dan lebar dibawah ini saya uraikan rekomendasi kebutuhan  untuk dapat menjalankan aplikasi e-Faktur  Pajak adalah. 
spesifikasi menjalankan e-faktur
Hardware untuk menjalankan aplikasi e-faktur

Perangkat Keras/hardware

Perangkat keras atau biasa disebut hardware adalah komponen fisik yang membuat suah sistem komputer. perangkat keras ini dapat diraba secara nyata untuk mendukung proses komputerisasi dan saling bekerja sama antar komponen untuk mencapai tujuan sistem komputer. Perangkat keras dibagi menjadi 3 bagian yaitu input, proses, dan perangkat output. Setiap bagian mempunyai tugas dan fungsi yang berbeda-beda. Oleh karena itu untuk menjalankan aplikasi e-faktur di sebuah komputer dan/atau laptop anda harus memperhatikan spesifikasi perangkat keras yang ada. Tujuannya adalah ketika anda mengoperasikan aplikasi e-faktur terasa nyaman. berikut ini adalah spesifikasi yang disarankan untuk menjalankan aplikasi e-faktur :
  • Processor Dual Core
    Prosessor atau biasa disebut CPU (Central Prossesing Unit) merupakan perangkat keras dalam komputer yang berfungsi sebagai otak untuk mengeksekusi perintah. Kecepatan kinerja komputer atau laptop dipegaruhi oleh seberapa cepatnya prossesor yang dimiliki. Semakin tinggi kecepatan atau spesifikasi prossesor semakin cepat kinerja sebuah komputer atau laptop. Oleh karena itu aplikasi e-faktur akan berjalan normah bahkan cepat dengan prossesor yang mumpuni minimal adalah prossesor dual core.
  • Minimal 3 GB RAM
    RAM singkatan dari Random Acces Memory merupakan perangkat keras yang menyimpan data sementara pada komputer atau laptop. RAM akan menyimpan sebuah perintah untuk sementara kemudian dikirimkan ke prossesor untuk diekseskusi. Dengan lebih besarnya RAM sebuah komputer atau laptop yang anda miliki akan menambah kinerja aplikasi e-faktur. Minimal 3GB RAM aplikasi e-faktur akan nyaman digunakan
  • 50 GB Harddisk space
    Merupakan perangkat keras untuk menyimpan data secara permanen. Selain itu hardisk digunakan untuk menjalankan dan menyimpan file sistem operasi komputer atau laptop baik windows, linux.
  • VGA dengan minimal resolusi layar 1024x768
  • Mouse
  • Keyboard

Perangkat Lunak/Software

Perangkat lunak dalah kumpulan data yang disimpan dan diatur oleh komputer. Data yang tersimpan berupa program atau instruksi yg akan menjalankan suatu perintah dan sebagai penerjemah perintah yang dijalankan pengguna komputer untuk diteruskan atau diproses oleh perangkat keras. Untuk menjalan aplikasi e-faktur berikut spesifikasi perangkat lunak yang disarankan
  • Sistem Operasi : Linux / Mac OS / Microsoft Windows
  • Java versi 1.7
  • Adobe Reader
  • Terhubung dengan jaringan internet baik direct connection ataupun proxy.
Ini merupakan rekomendasi tetapi aplikasi masih bisa dijalankan dengan spesifikasi rendah akan tetapi performanya nanti akan lambat dan menghambat kinerja anda. Perlu diingat juga untuk sistem operasi Macintosh atau Mac OS tidak dapat langsung dilakukan registrasi efaktur begitu saja. Cara Registrasi e-Faktur. Pengguna Mac OS perlu melakukan perlakuan khusus karena berbeda dengan Microsoft windows. Demikian semoga bisa dijadikan referensi anda untuk menunjang kinerja e-faktur anda.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Spesifikasi Untuk Menjalankan Aplikasi efaktur"

Post a Comment