Cara Input NTPN Baru di Aplikasi eSPT PPh Pasal 23/26 (NTPN Alfanumerik)

Dengan diberlakukannya pembayaran pajak melalui MPN G2 yaitu e-Billing atau dengan kode billing maka ada perubahan dalam bukti pembayarannya. Pada bukti pembayaran pajak melalui MPN G1 pada umumnya cetakan hasil pembayaran terdapat NTPN. Apa itu NTPN? NTPN (Nomor Transaksi Penerimaan Negara) adalah nomor bukti transaksi penerimaan yang diterbitkan melalui Modul Penerimaan Negara (MPN). 

Jadi, setiap Wajib Pajak yang melakukan pembayaran pajak ke Bank Persepsi atau Kantor Pos Persepsi akan mendapatkan NTPN. Melihat kode NTPN pada pembayaran sistem lama atau MPN G1, kode NTPN berupa numerik seluruhnya. Sedangkan pada MPN G2 sekarang ini, NTPN berisi kode alfanumerik yang merupakan kombinasi angka dan huruf. Begitu sekilas perbedaan NTPN di MPN G1 dan MPN G2.

Yang menjadi pokok permasalahan dari perbedaan NTPN dari MPN G1 ke MPN G2 adalah tidak bisa input NTPN terbaru (MPN G2) yang berisi kombinasi angka dan huruf (alfanumerik) pada Daftar SSP di Aplikasi eSPT PPh Pasal 23/26. Saya coba input berulang pun tetap tidak bisa. Bagi anda, yang mengalami permasalahan yang sama, tenang ini solusinya.

Cara Input NTPN di eSPT PPh 23/26
Cara Input NTPN di eSPT PPh 23/26
Solusinya, tuliskan NTPN baru yang berisi kombinasi angka dan huruf ke dalam notepad. Setelah itu copy dan pastekan ke dalam kolom NTPN aplikasi eSPT PPh Pasal 23/26. Perlu diperhatikan, saat copy paste harus menggunakan mouse dengan klik kanan, karena saya coba dengan keyboard CTRL + C lalu CTRL + V tidak berkerja. Mudah bukan? Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Input NTPN Baru di Aplikasi eSPT PPh Pasal 23/26 (NTPN Alfanumerik)"

Post a Comment