Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mohon Gunakan Acrobat Reader Untuk Membuka Form Ini | eForm Error

 

eform error gagal buka eform PDF. Mohon Gunakan Acrobat Reader Untuk Membuka Form Ini

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) secara resmi mengumumkan bahwa pelaporan SPT Tahunan melalui aplikasi e-SPT akan ditutup secara bertahap, yaitu:
  • Jenis formulir SPT 1770 S, 1770, dan 1771 pada 28 Februari 2022, pukul 16.00 WIB; dan
  • Jenis formulir SPT PPh Badan dalam satuan mata uang dolar Amerika Serikat (1771 $) dan lampiran khusus Wajib Pajak Migas pada 30 Maret 2022, pukul 15.00 WIB.
Hal tersebut tertuang pada Pengumuman nomor PENG-5/PJ.09/2022 Tentang Pengalihan Saluran Pelaporan Spt Tahunan Melalui Aplikasi e-Spt Menjadi e-Form dan e-Filing. Oleh karena itu anda diharuskan lapor SPT Tahunan PPh melalui e-Form PDF atau e-filing.

eForm Error Acrobat Reader

Beberapa waktu lalu banyak wajib pajak pengguna eform PDF mengalami error saat membuka file eform PDF. Setelah berhasil download dan dibuka, muncul error Mohon gunakan Acrobat Reader untuk membuka form ini.

Padahal PC/Laptop sudah terinstal Adobe Acrobat Reader versi terbaru sesuai dengan yang disarankan. Mencoba download ulang eform PDF pun hasilnya sama saja, tetap error "Mohon gunakan Acrobat Reader untuk membuka form ini."


Akhirnya, mencoba instal ulang Adobe Acrobat Reader 32 bit Alhamdullilah eform PDF dapat terbuka dan berhasil isi data SPT.

Apabila anda mengalami error dengan keterangan yang sama, solusi yang dapat anda lakukan adalah uninstal Adobe Acrobat Reader kemudian Instal ulang Adobe Acrobat Reader versi 32 bit.

Anda dapat download Adobe Acrobat Reader Offline 32 bit support eform PDF di get.adobe.com/reader/enterprise/.

Setelah instal Adobe Acrobat Reader 32 bit jangan lupa untuk mematikan update agar aplikasi tidak kembali ke versi 64 bit. Demikian, semoga bermanfaat.


7 comments for "Mohon Gunakan Acrobat Reader Untuk Membuka Form Ini | eForm Error"

  1. taxmin,nanya ya, kl u "anda menggunakan SPT versi lama, silakan unduh versi Baru " gimana ya? pdhl eform nya versi baru yg pdf, trus didownload ulang, malah row di halaman 1770-IV jadi kacau saling menimpa tidak bisa diinput, halaman lain normal. apakah ada tips untuk case ini? tidak bisa submit , download ulang malah eform nya kacau, ga bs input. mohon pencerahannya , min. thanks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kmrin ada yg berhasil dengan klik tambah dulu, baru hapus yang tambahan tadi. Gak perlu rekam lagi.
      Selain itu ada rekan juga yg terpaksa hapus semua datanya, baru input ulang.. Bisa dicoba dari yg termudah dulu rekan..

      Delete
  2. many many thanks, pak. tips nya work well ;) thanks a lot uda banyak bantu dgn tips nya

    ReplyDelete
  3. Jadi mesti install ulang melulu setiap kali ada error, itu juga cuma bisa dipake 2-3 hari terus error lagi. Makin lama makin parah kerjaan orang pajak. Ga bener ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. berarti senasib, cuma bisa pake bbrp kali, balik lg ke 64 bit, uda ikuti cara menonaktifkan upadte jg tidak bisa, tetp kembali ke 64 bit ;(
      Mohon pencerahan dari taxmin ada cara jitu apa spy ga kembali ke 64 bit. thank a lot

      Delete
  4. cara matiin auto update adobe acrobatnya gimana ya? soalnya selalu update ke 64bit, sementara kalau buka e-form harus 32bit

    ReplyDelete