Solusi Error eSPT PPh Tahunan Badan : Run-time error '339' Component Comdlg32.ocx Not Correctly Registered : a file is missing or invalid

Setelah melakukan instal aplikasi eSPT PPh Tahunan Badan, tentunya anda akan segera memakai untuk melakukan laporan PPh Tahunan Badan. Perlu diingat untuk pelaporan PPh Tahunan Badan usahakan sebelum 30 April. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari kepadatan saat pelaporan dan memudahkan jika terjadi error saat penggunaan aplikasi eSPT PPh Tahunan Badan. Apabila anda PKP dan telah menggunakan aplikasi e-faktur maka anda diwajibkan untuk melakukan pelaporan SPT Tahunan Badan dalam bentuk elektronik atau eSPT.

Karena menggunakan aplikasi eSPT maka anda harus menginstal terlebih dahulu aplikasi eSPT PPh Tahunan Badan. Yang menjadi pokok bahasan kali ini adalah saat aplikasi eSPT PPh Tahunan Badan sudah terinstal dan saat membuka aplikasi eSPT terjadi error. Notifikasi error tersebut adalah Run-time error '339' Component Comdlg32.ocx or one of its dependencies Not Correctly Registered : a file is missing or invalid.
error SPT PPh Tahunan Badan (Comdlg32.ocx)
Pertama kali mengalami permsalahan tersebut saya juga bingung. Setelah saya baca, keterangan error tersebut menyasar pada Comdlg32.ocx. Comdlg32.ocx merupakan file yang dibutuhkan aplikasi untuk konfigurasi port tertentu dalam sebuah jaringan. Error muncul karena comdlg32.ocx tidak tersedia di windows dan tidak ditempatkan pada folder system32 pada windows.

Berikut solusi Run-time error '339' Component Comdlg32.ocx or one of its dependencies Not Correctly Registered : a file is missing or invalid

  • Download Comdlg32.ocx di alamat web bawah dan pilih link Click Here to Download COMDLG32.OCX
  • http://www.ocxdump.com/download-ocx-files_new.php/ocxfiles/C/COMDLG32.OCX/6.01.9782/download.html
  • Comdlg32.ocx hasil download tadi dimasukkan ke folder (C:)\Windows\System32\ untuk windows 32bit dan ke folder (C:)\Windows\SysWOW64\ untuk windows 64bit. Bisa juga diletakkan dalam folder instalasi eSPT lokasi di (C:)\Program Files\DJP.
  • Klik kanan pada Command Prompt atau cmd pilih Run as administrator kemudian ketik (C:)\Windows\System32\regsvr32 comdlg32.ocx untuk windows 32bit dan/atau (C:)\Windows\System32\regsvr32 comdlg32.ocx sampai muncul notifikasi DllRegisterServer in comdlg32.ocx succeeded yang menandakan cara tersebut berhasil dilakukan.
Keterangan Berhasil Dilakukan
Keterangan gambar di atas saya lakukan pada windows7 32 bit dan berhasil meregister comdlg32.ocx. Buka kembali aplikasi eSPT PPh Tahunan Badan, apabila cara diatas anda lakukan secara berurutan dan benar pasti akan berhasil dan tidak muncul error lagi. Demikian, semoga bermanfaat.
Solusi Error eSPT PPh Tahunan Badan : Run-time error '339' Component Comdlg32.ocx Not Correctly Registered : a file is missing or invalid Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Triwibowo

No comments:

Post a Comment