Buka eSPT Muncul Error "koneksi ke database gagal, silahkan cek DSN yang dipilih"

Kali ini saya akan membahas solusi yang berkaitan dengan koneksi ke database yang gagal setelah anda menginstal aplikasi eSPT. Hal tersebut berakibat aplikasi eSPT tidak dapat dijalankan dengan baik. Yang pernah saya alami dan pernah saya tangani berkaitan error eSPT, menurut saya yang butuh perlakuan sedikit rumit adalah error database. Kebanyakan error yang terjadi adalah saat buka pertama kali eSPT PPh Tahunan Badan. Saat pertama kali buka eSPT PPh Tahunan Badan, aplikasi berhasil terbuka namun tidak bisa membuka databasenya (error) dan muncul peringatan “koneksi ke database gagal, silahkan cek DSN yang dipilih".

Cara setting DSN di Control Panel
Tenang, berikut akan saya sampaikan langkah untuk mengatasi error tersebut. Pertama buka Control Panel, pilih System and Security -  Administrative Tools. Untuk Windows 7, dengan view by Category dapat langsung pilih System and Security - Administrative Tools, atau anda bisa langsung ketikkan pada search. Kemudian pilih Data Sources (ODBC) - System DSN. Di field tersebut akan terdapat nama-nama database eSPT, pilih dan double klik database eSPT yang anda kehendaki. Anggap saja kita setting database hasil pertama instalasi eSPT PPh Tahunan Badan yaitu db 1771_2010.

Setting DSN
Setting DSN
Apabila anda akan menambahkan database baru pada aplikasi eSPT, maka klik saja add dan pilih Microsoft Access Driver (*.mdb) atau pilih Microsoft Access Driver (*.mdb, *.accb) sama saja tergantung type database yang digunakan lalu klik tombol finish. Isikan data source name dengan nama yang anda inginkan (bebas), untuk description tidak perlu anda isikan.

Selanjutnya, pada bagian database select, klik tombol lalu cari lokasi database pada kolom directories dengan double klik folder yang ada di dalamnya (misal di drive C:\Program Files\DJP\eSPT 1771 2010\Database\). Di kolom sebelah kiri akan muncul nama-nama database, pilih nama database yang sudah anda persiapkan dan ingin anda koneksikan ke dalam aplikasi eSPT. Klik ok dan apply.

Catatan lain yang tak kalah pentingnya saat anda mensetting DSN. Ketika anda memilih System DSN pada Administrative Tools, saat ingin koneksi DSN ternyata kolom System Data Sourcesnya kosong tidak ada sama sekali nama dan type databasenya. Selain itu, ketika anda pilih Add hanya ada pilihan SQL Server. Hal ini terjadi kemungkinan besar pada Windows7 64 bit.

Solusinya, buka drive (C:) kemudian pilih folder windows. Kemudian masuk pada folder sysWOW64 dan pilih odbcad32.exe. Buka odbcad32.exe dengan double klik maka akan muncul ODBC Data Source Administrator dan setting DSN. Lakukan setting seperti cara yang sudah dijelaskan di atas.

Jika semua cara anda lakukan dengan cermat dan sesuai perintah maka setting DSN pada aplikasi eSPT anda akan berhasil. eSPT anda siap digunakan untuk membuat laporan perpajakan. Demikian, semoga bermanfaat.
Buka eSPT Muncul Error "koneksi ke database gagal, silahkan cek DSN yang dipilih" Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Triwibowo

8 comments:

Unknown said...

mau tanya klu single instaler V 2.4 :
kesalahan folder terkompresi
window tidak dapat membuka folder ini

folder terkompresi C\.....\singleonstalerE-SPT2126_V2.4.zip tidak valid knapa ya

Robby F. Rachman said...

alhamdulilah berhasil dgn cara odbcad32.exe, sangat bermanfaat.
terima kasih banyak buat mas Triwobowo, semoga mas Triwibowo dilancarkan segala urusannya

Triwibowo said...

pastikan downloadnya sudah sesuai dengan filenya (penuh)

Triwibowo said...

mantap mas, aamiin

Mass Base said...

sudah sesuai petunjuk mas tp masih tidak bisa konek ke database

pakai win 10

Triwibowo said...

@Mass Base : Tetapi daftar databasenya sudah muncul di aplikasi eSPT?

Unknown said...

daftar database sudah muncul mas, tapi kenapa tidak muncul tampilan user dan pasword ya? dan masih tampilan NPWP

Triwibowo said...

Maksdnya tampilan npwp minta isi ulang data profil ya? Coba databasenya pastikan sudah benar. Biasanya salah setting database atau database yg terserting adalah database kosong

Post a Comment