Cara Merubah Faktur Pajak Masukan Yang Sudah Sukses Upload

Untuk faktur pajak masukan memang berbeda dengan faktur pajak keluaran. Apabila faktur pajak keluaran setelah upload terdapat kesalahan dalam measukkan nominal harga, nama barang yang dijual, atau alamat lawan transaksi masih bisa diganti dengan menerbitkan faktur pajak pengganti. Yang menjadi pertanyaan banyak wajib pajak, bagaimana dengan faktur pajak masukan yang setelah upload ternyata terdapat kesalahan?

Biasanya kesalahan yang terdapat dalam upload faktur pajak masukan adalah kesalahan mengkreditkan masa pajak, ada juga yang salah dalam memasukkan nominal. Padahal untuk nominal seharusnya jika tidak sama dengan faktur pajaknya tidak akan sukses upload. Permasalahan ini belum saya ketahui secara pasti mengapa salah nominal bisa saja sukses upload. Seharusnya memang ada auto correction untuk nominal ini.

Secara aplikasi e-faktur, jika faktur pajak masukan sudah sukses terupload maka tidak dapat diubah maupun diganti. Kecuali lawan transaksi atau penerbit faktur pajak keluaranlah yang mengganti dengan menerbitkan faktur pajak pengganti. Terus jika salah masa pajak gimana dong? Ya bisa saja diatasi dan diganti, tetapi memang ada cara yang sedikit rumit. Berikut caranya
Cara Merubah Faktur Pajak Masukan
Cara Merubah Faktur Pajak Masukan

  • Download aplikasi e-faktur yang baru sesuai dengan versi laptop/pc anda 32 bit atau 64 bit. Jika anda sudah memiliki aplikasi e-faktur versi terbaru yang belum tergistrasi gunakan saja.
  • Selanjutnya masuk pada folder Backup di aplikasi e-faktur lama anda (yang terdapat pajak masukan salah upload). Di dalam folder backup terdapat beberapa file dengan type WinrarZIP archive. Cari tanggal dimana faktur pajak masukan anda belum diinput dan/atau belum diupload. Misalnya tanggal 14 Januari 2017 (lihat gambar).
  • Copy dan pastekan ke tempat lain kemudian Extract file tersebut hingga membentuk folder db.
  • Folder db tersebut copy dan pastekan ke dalam aplikasi e-faktur yang barusan anda download atau belum registrasi.
  • Jalan EtaxInvoice dan setelah berhasil login lihat dalam administrasi faktur pajak masukannya. Faktur pajak masukan yang salah masa (salah mengkreditkan) sudah hilang.
  • Yang perlu anda lakukan adalah input ulang faktur pajak masukannya dan upload kembali. Diperhatikan lagi masa pajak yang akan anda kreditkan.
Cara diatas merupakan cara merubah faktur pajak masukan yang sudah sukses upload. Sedikit rumit memang. Catatan penting untuk cara diatas adalah database yang terinput setelah tanggal 14 Januari 2017 tidak akan terinput ke dalam aplikasi baru. Yang harus anda lakukan adalah silahkan ekport data-data aplikasi e-faktur lama mulai dari faktur pajak keluaran, lawan transaksi, nama barang kemudian anda imporkan ke dalam aplikasi e-faktur yang baru. Dengan cara tersebut data e-faktur lama akan masuk ke dalam aplikasi e-faktur baru.

Selanjutnya, untuk administrasi faktur pajak silahkan menggunakan aplikasi e-faktur yang baru. Demikian, semoga bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

6 comments

comments
25 April 2017 at 10:51 delete

Mas, saya mengalami kendala yang sama yaitu salah input periode pengkreditan PM. saya sudah coba ikuti instruksi di atas, namun ketika aplikasi e faktur yang baru saya buka, malah muncul pesan error :"database tidak dapat diakses, pastikan aplikasi e faktur tidak berjalan". saya pun coba ambil db yang sebelumnya secara berurutan, tapi tetap saja tidak bisa. Ada masukan mas?

Reply
avatar
25 April 2017 at 13:06 delete

itu databasenya bermasalah mas. coba mas ambil db yang seblumnya misal tanggal kemrin 24 april 2017, ekstrak. Setelah itu download atau ambil aplikasi efaktur versi 46 yang masih baru. masukkan hasil ekatrakaan 9db) tadi ke aplikasi tersebut.

Reply
avatar
25 April 2017 at 13:35 delete

sudah saya ambil db yang sebelumnya sampai lebih dari 5x. hasilnya masih sama. mungkin aplikasi efakturnya yang belum update. btw barusan saya saya coba akses pajak.go.id untuk donlot aplikasi efaktur versi 32 bit yang terbaru, tapi link donlotnya selalu error. ada rekomendasi mas link donlot utk efaktur 32 bit yang terbaru? terima kasih

Reply
avatar
25 April 2017 at 16:32 delete

silahkan download disini mas
https://www.dropbox.com/s/s2l262of12wga5z/EFaktur_Windows_32bit.rar?dl=0
jangan lupa nanti ekstrak dulu ya

Reply
avatar
25 April 2017 at 17:19 delete

Alhamdulillah sudah berhasil mas.
Terima kasih ya atas bantuannya

Reply
avatar