Cara Merubah Faktur Pajak Masukan Yang Sudah Sukses Upload

Untuk faktur pajak masukan memang berbeda dengan faktur pajak keluaran. Apabila faktur pajak keluaran setelah upload terdapat kesalahan dalam measukkan nominal harga, nama barang yang dijual, atau alamat lawan transaksi masih bisa diganti dengan menerbitkan faktur pajak pengganti. Yang menjadi pertanyaan banyak wajib pajak, bagaimana dengan faktur pajak masukan yang setelah upload ternyata terdapat kesalahan?

Biasanya kesalahan yang terdapat dalam upload faktur pajak masukan adalah kesalahan mengkreditkan masa pajak, ada juga yang salah dalam memasukkan nominal. Padahal untuk nominal seharusnya jika tidak sama dengan faktur pajaknya tidak akan sukses upload. Permasalahan ini belum saya ketahui secara pasti mengapa salah nominal bisa saja sukses upload. Seharusnya memang ada auto correction untuk nominal ini.

Secara aplikasi e-faktur, jika faktur pajak masukan sudah sukses terupload maka tidak dapat diubah maupun diganti. Kecuali lawan transaksi atau penerbit faktur pajak keluaranlah yang mengganti dengan menerbitkan faktur pajak pengganti. Terus jika salah masa pajak gimana dong? Ya bisa saja diatasi dan diganti, tetapi memang ada cara yang sedikit rumit. Berikut caranya
Cara Merubah Faktur Pajak Masukan
Cara Merubah Faktur Pajak Masukan

  • Download aplikasi e-faktur yang baru sesuai dengan versi laptop/pc anda 32 bit atau 64 bit. Jika anda sudah memiliki aplikasi e-faktur versi terbaru yang belum tergistrasi gunakan saja.
  • Selanjutnya masuk pada folder Backup di aplikasi e-faktur lama anda (yang terdapat pajak masukan salah upload). Di dalam folder backup terdapat beberapa file dengan type WinrarZIP archive. Cari tanggal dimana faktur pajak masukan anda belum diinput dan/atau belum diupload. Misalnya tanggal 14 Januari 2017 (lihat gambar).
  • Copy dan pastekan ke tempat lain kemudian Extract file tersebut hingga membentuk folder db.
  • Folder db tersebut copy dan pastekan ke dalam aplikasi e-faktur yang barusan anda download atau belum registrasi.
  • Jalan EtaxInvoice dan setelah berhasil login lihat dalam administrasi faktur pajak masukannya. Faktur pajak masukan yang salah masa (salah mengkreditkan) sudah hilang.
  • Yang perlu anda lakukan adalah input ulang faktur pajak masukannya dan upload kembali. Diperhatikan lagi masa pajak yang akan anda kreditkan.
Cara diatas merupakan cara merubah faktur pajak masukan yang sudah sukses upload. Sedikit rumit memang. Catatan penting untuk cara diatas adalah database yang terinput setelah tanggal 14 Januari 2017 tidak akan terinput ke dalam aplikasi baru. Yang harus anda lakukan adalah silahkan ekport data-data aplikasi e-faktur lama mulai dari faktur pajak keluaran, lawan transaksi, nama barang kemudian anda imporkan ke dalam aplikasi e-faktur yang baru. Dengan cara tersebut data e-faktur lama akan masuk ke dalam aplikasi e-faktur baru.

Selanjutnya, untuk administrasi faktur pajak silahkan menggunakan aplikasi e-faktur yang baru. Demikian, semoga bermanfaat.
Cara Merubah Faktur Pajak Masukan Yang Sudah Sukses Upload Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Triwibowo

33 comments:

crossworLd puzzLe said...

Mas, saya mengalami kendala yang sama yaitu salah input periode pengkreditan PM. saya sudah coba ikuti instruksi di atas, namun ketika aplikasi e faktur yang baru saya buka, malah muncul pesan error :"database tidak dapat diakses, pastikan aplikasi e faktur tidak berjalan". saya pun coba ambil db yang sebelumnya secara berurutan, tapi tetap saja tidak bisa. Ada masukan mas?

Triwibowo said...

itu databasenya bermasalah mas. coba mas ambil db yang seblumnya misal tanggal kemrin 24 april 2017, ekstrak. Setelah itu download atau ambil aplikasi efaktur versi 46 yang masih baru. masukkan hasil ekatrakaan 9db) tadi ke aplikasi tersebut.

crossworLd puzzLe said...

sudah saya ambil db yang sebelumnya sampai lebih dari 5x. hasilnya masih sama. mungkin aplikasi efakturnya yang belum update. btw barusan saya saya coba akses pajak.go.id untuk donlot aplikasi efaktur versi 32 bit yang terbaru, tapi link donlotnya selalu error. ada rekomendasi mas link donlot utk efaktur 32 bit yang terbaru? terima kasih

Triwibowo said...

silahkan download disini mas
https://www.dropbox.com/s/s2l262of12wga5z/EFaktur_Windows_32bit.rar?dl=0
jangan lupa nanti ekstrak dulu ya

crossworLd puzzLe said...

Alhamdulillah sudah berhasil mas.
Terima kasih ya atas bantuannya

Triwibowo said...

Alhamdullilah, samasama

ChoirulM said...

Met malam numpang tanya, selain pajak masukan apakah bisa dilakukan cara diatas untuk pajak keluaran, alasannya ternyata belum saatnya diterbitkan..

Triwibowo said...

Tidak bisa mas. Hnya untuk faktur pajak masukan saja. Kalau keteranganny belum saatnya diterbitkan berrti memang saat input tanggal dan masa tidam sesuai. Cek kembali tanggal dan masa pajkanya pastika tanggal tidak lebih dari hari ini

green rind said...

Database saya di folder back up cm 1
Dan kalau dibuka hasilnya masih yg terbaru . Ga ada yg lama . Ada solusi ?

Triwibowo said...

@green rind > sudah pasti kalau folder efaktur tersebut yang biasa dijalankan? Mohon dicek, takutnya salah masuk folder, seharusnya ketika membuka aplikasi e-faktur terbentuk backup (RAR)

Agus Simarmata said...

Selamat pagi pak.

Pak, saya ada kesalahan input untuk Faktur Pajak Masukan.

Hari ini saya input data.

Faktur pajak tertanggal 7 Juni 2017, harusnya masuk ke masa Juni 2017, tapi saya salah input masuk ke masa juli 2017 dan sudah uploded/ approved.

Saya bingung. Saya tanya kring pajak, mereka bilang kalo sudah approved tidak bisa diubah atau dibatalkan.

Saya baca artikel bapak, bisa diubah, tapi caranya saya kurang ngerti, maklum gaptek.

Mohon pencerahannya pak.

Terima kasih, agus

Triwibowo said...

@Agus Simarmata > betul pak apa yg sudah disampaikan kring pajak. Memang PM yg sudah upload tidak bisa doubah tapi bisa diubah dengan cara diatas dengan memundurkan databasenya. Konsekuensi data2 faktur pajak jadi mundur juga sesuai tanggal pengambilan database. Cara di atas bisa diterapkan pak

Agus Simarmata said...

Terima kasih pak atas infonya. Tapi apakah nanti bermasalah pak kalo kita ubah ? bukannya semua sudah online dan terhubung ke kantor pajak ?

Agus Simarmata said...

Hari ini saya input dan salah input, jadi saya ambil data yang kemarin yah pak ? data db ?

Setelah itu kita buka aplikasi e-fakturnya seperti biasa, dan datanya menggunakan data kemarin ?

Triwibowo said...

@Agus Simarmata > betul pak pake db yang kmrin. db tersebut kemudian dimasukkan ke aplikasi e-faktur yag kosong belum tregistrasi.

betul pak

umminfo said...

download efaktur windows 64bit koo error terus ya... boneh minta saran link yg gak error buat download

Triwibowo said...

http://www.efakturespt.com/2016/11/tips-mudah-dan-aman-menggunakan.html?m=1
Silahkan download di alamat tersebut

reynila vangestu said...

terimakasih buat info dan sarannya,

Unknown said...

pak mau tanya..saya baru dpt fp dari vendor yg mrpkan PMbuat kmi dibln juni danbaru diberikan di bln sept...bagaimana cara merevisi pm juni..apa perlu saya buat lagi upload pm juni kmudian spt masa juni juli dan agst saya buatkan penggantinya?

miss may said...

duh maaf jdi salah masuk ke komen deh

Triwibowo said...

Jangka waktu PM kan 3 bulan. Jika memang sudah terlambat, bisa dimasukkan di juni, juli atau agustus tetapi nanti harus membuat pembetulan SPT Masa PPN (jika sudah lapor).

Marissa Sinaga said...

Dear admin,, mohon solusi jika faktur pajak masukkan sudah (approvel sukses) di masa 7 sedangkan saya ingin sebagian faktur pajak masuk di bulan 8 bagaimana yah ??

Jika harus menggunakan cara diatas, apakah harua download e faktur yg baru? Apakah tdk bisa menggunakan efaktur lama?

Mohon bantuannya.
Terima kasih

Triwibowo said...

Mohon maaf, ini Faktur yang masa 7 sudah sukses approval, apa sudah dilaporkan ke SPT masa Juli?

Marissa Sinaga said...

Jadi SPT 7 sudah lapor.
Namun ada faktur pajak masukan yg bulan 7 belum lapor, jadi rencananya dilaporkan ke bulan 8 (krn masa berlaku FM adalah 3 bulan).

Tetapi faktur masukan bulan 7 yg tadi rencananya dilaporkan ke bulan 8 sudah sukses approval tapi salahnya masuk ke bulan 7 (dimana bulan 7 sudah lapor SPT).

Jadi, apakah saya harus menggunanakan cara diatas supaya FM nya bisa saya masukkan kembali ke bulan 8?

Mohon bantuannya ya pak.

Marissa Sinaga said...

Sukses.
Terima kasih utk info nya.
Sangat membantu.

Triwibowo said...

Baru mau dibalas udah sukses aja, sama sama :)

Ferry Candra Setiawan said...

Selamat siang Pak Triwibowo.

Saya sudah paham mengenai langkah-langkah yang bapak jelaskan. Tapi yang menjadi pertanyaan saya, apakah nanti ada masalah dengan kantor pajak di kemudian hari jika kita memundurkan database seperti itu ?

Mohon pencerahannya menurut pengalaman bapak. Terima kasih.

Imas Rossmalayanti said...

Selamat siang Pak Triwibowo,

saya sudah melakukan apa yg diinstruksikan bapak, tetapi setelah diupload di reject dikarenakan faktur sudah pernah dikreditkan ? bagaimana ya pak solusinya mohon bimbingannya. T
erima kasih

Triwibowo said...

Selamat siang
Untuk efaktur versi 2.0, faktur pajak masukan yg sudah upload tidak dapat diupload lagi (hanya sekali uoload) dan tidak dapat diubah masa pengkreditannya.

susanto said...

ternyata versi 2 sudah tidak bisa pakai cara diatas ya pak, saya sudah coba berulang kali tapi tetap direject, faktur pajak sudah pernah dikreditkan.

susanto said...

apakah ada solusi lain?

Triwibowo said...

Betul pak. Di versi 2, PM hanya sekali upload

delima Siagian said...

mohon bantuannya pak bagaimana cara mengganti masa pajak untuk fp masukan yang sudah di upload tanpa harus membatalkan faktur tsb? saya menggunakan Efaktur Versi 2.0

Post a Comment