Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Solusi Menu Create CSV eSPT Tahunan PPh Badan Tidak Muncul

Pernah ada masalah eSPT Tahunan PPh Badan yang bisa jadi masalah tersebut adalah sepele dan membuat saya bingung tanya-tanya ke sana kemari. Ada wajib pajak yang datang ke KPP dengan membawa laptop yang sudah terinstal aplikasi eSPT Tahunan PPh Badan. Tidak hanya itu, aplikasi eSPTnya pun sudah siap untuk membuat file CSV yang berarti sudah selesai input data SPT. File CSV merupakan salah satu syarat wajib bagi wajib pajak yang akan lapor SPT Tahunan PPh Badan.

Saat akan membuat file CSV, ternyata masalahnya adalah tombol create CSV tersebut tidak aktif atau tidak muncul. Ya tentunya tidak akan bisa lapor dong kalau menu create file CSVnya tidak muncul. Saya otak-atik, lihat apakah ada yang error aplikasinya. Ternyata tidak ada masalah dalam aplikasi eSPTnya.
Menu Create CSV Tidak Muncul solusinya Input SSP
Menu Create CSV Tidak Muncul - Input SSP
Telusur-telusur, penyebabnya adalah Surat Setoran Pajak atau SSP belum diinput dalam aplikasi eSPT. Karena SPT milik wajib pajak status akhirnya Kurang Bayar (KB) maka wajib untuk input SSP. SSP yang sudah terbayarkan dan dinyatakan sah kemudian saya inputkan ke dalam eSPT di menu SPT PPh - Daftar Surat Setoran Pajak.

Setelah itu coba kembali create file CSV, akhirnya muncul dan file CSV berhasil terbentuk untuk dilaporkan. Permasalahannya sepele tetapi jika memang tidak memahami alur eSPT ya bingung juga dengan mengahruskan isi SSP terlebih dahulu sebelum buat file CSV. 

Selain itu, terdapat penyebab lain yang menyebabkan menu create CSV di aplikasi eSPT Tahunan PPh Badan tidak muncul. Lampiran V dan VI biasanya wajib pajak lupa untuk mengisi. Seharusnya Lampiran V dan VI SPT Tahunan PPh Badan diisi (open form) dan transkrip kutipan elemen lapangan keuangan juga harus diisi. Demikian, semoga bermanfaat.

23 comments for "Solusi Menu Create CSV eSPT Tahunan PPh Badan Tidak Muncul"

  1. @Herrin Tanudjaya > ada yg bisa dibantu?

    ReplyDelete
  2. terima kasih mas Tri, sangat membantu... terkadang klo buru-buru, masalah itu ada aja... :)

    ReplyDelete
  3. samasama Bunda Atiek, iya bu buru-buru asal teliti ya hehe :)

    ReplyDelete
  4. Klu NTPN di isi 0000000000 apa bisa dibuatkan csv sementara dulu

    ReplyDelete
  5. ketika lapor akan keliatan pak, daripada menimbulkan masalah di kemudian hari lebih baik isi NTPN yang sesuai.

    ReplyDelete
  6. sore mas kemarin saya ada lapor pph 23 dengan menggunakan file csv yang sudah diisi ssp tetapi dari djp wilayah saya tidak mau csv yang sudah terinput ssp nya,mereka mau yang kurang bayar,pertanyaannya apakah ada jalan lain selain input ssp untuk dapat create csv mas?

    ReplyDelete
  7. @nini mustika : apakah SPT PPh 23 dalah hal ini kurang bayar? kok ada inputan SSP?

    kalau input SSP berrti ada kurang bayar bu. Mkasdnya dari "mereka mau yang kurang bayar" gimana ya buk?

    ReplyDelete
  8. kalau di kolom surat setoran pajak, kotak dialog "simpan" nya tidak aktif, kenapa ya

    ReplyDelete
  9. @Hayaharyati Arifin : SSPnya diinout dulu buk. Baru nanti tombolnya akan aktif

    ReplyDelete
  10. Malam mas, saya mau tanya. Saya mengalami hal seperti diatas, tidak bisa create csv spt 1771. Status memang kurang bayar, jd cara nya saya harus bayar kurang bayar tersebut baru bisa buat file csv ya? Bayarnya kemana ya? Mohon pencerahannya mas, saya bingung dan ga ketemu jawabannya

    ReplyDelete
  11. @Sisie Anggraeni : betul buk. Harus bayar terlebih dahulu jika kurang bayar. Sebelum bayar harus buat kode billing terlebih dahulu bisa melalui sse3.pajak.go.id

    Kode billing yg telah dibuat berisi MAP dan KJS serta nominal kurang bayar. Setelah dapat kode billing baru bisa bayar atas kode billinh tsbt melalui teller, atm, atau internet banking

    Dari pembayaran trsbt kan dapat NTPNnya nah itu yang dimasukkan ke dalam sptnya. Baru deh bisa create file CSV.

    ReplyDelete
  12. mas saya sudah input ssp maupun lampiran V tapi tombol create masih belum muncul, mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. SETELAH INPUT SELESAI,, MASUK KE DJP ONLINE. BUAT E BILLING, BAYAR SESUAI E BILLING, SETELAH BAYAR DAPAT NTPN, NAH ITU DIMASUKKAN KE DAFTAR SURAT SETORAN PAJAK. SETELAH SESUAI NILAI YG HARUS DIBAYAR DAN TELAH DIBAYAR BARU CREATE FILE TERBUKA. MUDAH2AN MEMBANTU...

      Delete
  13. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  14. kalau sudah create csv lalu ada tulisan csv sudah tersimpan dalam bentuk csv , tapi di lokasi penyimpanan kosong , bagaimana itu ??

    ReplyDelete
  15. @Davin Tjandra : Mohon maaf pak baru membalas, coba pak tambahkan file zlib.dll di hasil instal eSPT-nya. Biasanya kan hasil instal espt tahunan pph badan ada di C-Program Files-DJP-eSPT 1771 Badan. Nah ekstrak file zlib.dll berikut lalu letakkan di dalam folder tersebut.

    https://drive.google.com/file/d/1C21OltrlgB4STIsk3-qp2UaXo2dHYsFb/view?usp=sharing

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo... saya punya problem yg sama, file nyha ga di lokasi, sdh sy coba dwonload dan extract tp di tolak pas mau di ekstrak ke lokasi DJP. apakah ada solusi lain?tmksh Henry

      Delete
  16. slmt siang, saya punya masalah dgn csv. csvnya berhasil dibentuk dan tersimpan tapi saat dibuka ternyata foldernya kosong. sudah coba berkali-kali tetap sama, foldernya kosong. bagaimana solusinya. terima kasih.

    ReplyDelete
  17. @Semuel Suy : coba tempatkan file penyimpanan csv ke folder d jangan di flasdisk atau C.

    Jika tidak bisa silahkan download file zlib.dll lalu letakkan langsung di hasil installer espt yang ada di c-program files-djp-

    ReplyDelete
  18. mau tanya, kemarin waktu laporan spt tahunan 2017 kami tidak melengkapi laporan keuangannya. bagaimana solusi yang tepat untuk permasalahan ini?

    ReplyDelete
  19. biasanya saya tidak pernah input DAFTAR SSP sperti yg disebutkan tpi bisa create file. yg sekarang kok tidak bisa ya apa memang harus input sperti cara di atas?

    ReplyDelete
  20. Saya ada Pembetulan ke-1 SPT PPh Badan Thn 2019, Pembetulan datanya sudah saya isi semua dan pada saat saya ingin membuat pelaporan pembetulan file CSV, knp tidak bisa di create ya? Apakah karena untuk Pembetulan SPT PPh Badan harus di input kembali Daftar SSP nya? Namun di menu Daftar SSP saya tidak bisa di input/di tambah baru.
    Mohon solusinya. Terima kasih 🙏

    ReplyDelete