Solusi Menu Create CSV eSPT Tahunan PPh Badan Tidak Muncul

Pernah ada masalah eSPT Tahunan PPh Badan yang bisa jadi masalah tersebut adalah sepele dan membuat saya bingung tanya-tanya ke sana kemari. Ada wajib pajak yang datang ke KPP dengan membawa laptop yang sudah terinstal aplikasi eSPT Tahunan PPh Badan. Tidak hanya itu, aplikasi eSPTnya pun sudah siap untuk membuat file CSV yang berarti sudah selesai input data SPT. File CSV merupakan salah satu syarat wajib bagi wajib pajak yang akan lapor SPT Tahunan PPh Badan.

Saat akan membuat file CSV, ternyata masalahnya adalah tombol create CSV tersebut tidak aktif atau tidak muncul. Ya tentunya tidak akan bisa lapor dong kalau menu create file CSVnya tidak muncul. Saya otak-atik, lihat apakah ada yang error aplikasinya. Ternyata tidak ada masalah dalam aplikasi eSPTnya.
Menu Create CSV Tidak Muncul solusinya Input SSP
Menu Create CSV Tidak Muncul - Input SSP
Telusur-telusur, penyebabnya adalah Surat Setoran Pajak atau SSP belum diinput dalam aplikasi eSPT. Karena SPT milik wajib pajak status akhirnya Kurang Bayar (KB) maka wajib untuk input SSP. SSP yang sudah terbayarkan dan dinyatakan sah kemudian saya inputkan ke dalam eSPT di menu SPT PPh - Daftar Surat Setoran Pajak.

Setelah itu coba kembali create file CSV, akhirnya muncul dan file CSV berhasil terbentuk untuk dilaporkan. Permasalahannya sepele tetapi jika memang tidak memahami alur eSPT ya bingung juga dengan mengahruskan isi SSP terlebih dahulu sebelum buat file CSV. 

Selain itu, terdapat penyebab lain yang menyebabkan menu create CSV di aplikasi eSPT Tahunan PPh Badan tidak muncul. Lampiran V dan VI biasanya wajib pajak lupa untuk mengisi. Seharusnya Lampiran V dan VI SPT Tahunan PPh Badan diisi (open form) dan transkrip kutipan elemen lapangan keuangan juga harus diisi. Demikian, semoga bermanfaat.
Solusi Menu Create CSV eSPT Tahunan PPh Badan Tidak Muncul Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Triwibowo

No comments:

Post a Comment