Cara Memperbaharui Sertifikat Elektronik e-Faktur Yang Expired/Kadaluarsa

Sehubungan dengan masa berlakukanya sertifikat elektronik e-faktur yang berdurasi 2 tahun, tentunya setelah atau sebelum masa berlaku sertifikat elektronik habis Pengusaha Kena Pajak (PKP) harus memperbaharuinya. Hal ini berhubungan dengan aplikasi e-faktur yang sedang digunakan. Apabila sertifikat elektronik expired, PKP tidak akan bisa lagi menggunakan aplikasi e-faktur terutama dalam hal upload e-faktur.
Baca juga : Cara Mengetahui Masa Berlaku Sertifikat Elektronik
Ketika masa berlaku sertifikat telah habis masa berlakunya, autentifikasi sertifikat elektronik di aplikasi e-faktur tidak bisa sehingga uploader tidak akan berjalan. Berakibat anda tidak dapat upload faktur. 
Sertifikat elektronik efaktur expired
Yang harus anda lakukan sehubungan dengan berakhirnya masa aktif sertifikat elektronik aplikasi e-faktur (yang mempunyai masa pembaruan 2 tahun sekali) adalah memperbaharuinya dengan mengajukan permohonan sertifikat elektronik kembali. Ini bukan langkah yang sudah diumumkan Direktorat Jenderal Pajak (DJP) selaku pemilik otoritas pajak tetapi merupakan inisiatif dari beberapa pertanyaan sehubungan dengan habisnya masa berlaku sertifikat elektronik.

Sampai saat ini, DJP belum merilis info ataupun peraturan terbaru berkaitan pembaharuan sertifikat elektronik. Jika sertifikat elektronik e-faktur sudah mendekati habis masa berlakunya segera lakukan pengajuan kembali di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) tempat anda terdaftar saat ini.

Untuk cara pengajuan kembali sertifikat elektronik, syarat dan caranya sama dengan saat pengajuan sertifikat elektronik pertama. Jika anda lupa, silahkan baca Cara Pengajuan Sertifikat Elektronik
Baca juga : Cara Pengajuan Sertifikat Elektronik
Secara singkat saya uraikan juga, untuk PKP statusnya Pusat atau PKP pada umumnya syarat yang harus dipenuhi adalah
  • Surat Permintaan Sertifikat Elektronik ditandatangani dan disampaikan oleh Pengurus PKP yang bersangkutan
  • Surat Pernyataan Persetujuan Penggunaan Sertifikat Elektronik DJP (bermaterai Ro 6.000)
  • Asli SPT Tahunan PPh Badan tahun terakhir
  • Asli dan Fotokopi Bukti Penerimaan tanda terima pelaporan SPT Tahunan PPh Badan tahun Terakhir
  • Asli dan Fotokopi KTP/Paspor/KITAS/KITAP Pengurus
  • Asli dan Fotokopi Kartu Keluarga Pengurus
  • Softcopy pas foto terbaru pengurus
  • Siapkan password permintaan nomor seri faktur pajak
  • Nama Pengurus harus tercantum dalam SPT Tahunan PPh badan Terakhir
Sedangkan jika anda sebagai PKP cabang syarat yang harus dipenuhi adalah
  • Fotokopi SPT Tahunan PPh Badan pusat
  • Asli dan Fotokopipenunjukan dari Pengurus pusat untuk PKP Cabang.
Karena kebanyakan PKP melakukan pengajuan sertifikat elektronik di tahun 2015, periksa masa berlaku sertifikat elektronik e-faktur anda. Apabila masa berlaku habis di tahun 2017 segeralah dan bersiap untuk melakukan pengajuan sertifikat elektronik e-faktur yang baru. Demikian, semoga bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »