Import Data e-Faktur Error ETAX-20002 : Nomor Faktur Sudah Terdaftar

Apakah aplikasi e-faktur anda pernah hilang atau database corrupt? Mungkin sekarang ini anda sedang mengalami permasalahan tersebut. Tentunya jika anda sedang mengalami permasalahan tersebut, solusinya adalah dengan mengajukan permintaan database aplikasi e-faktur ke KPP terdaftar. 

Jika sudah mendapatkan database e-faktur dari KPP, langkah yang selanjutnya anda lakukan adalah mengimport data tersebut ke dalam aplikasi e-faktur baru anda. Untuk caranya tidak perlu saya jelaskan panjang lebar karena anda cukup langsung mengimportnya tanpa perlu ekstrak. Langsung saja importkan di menu Faktur - Pajak keluaran - Import. 

Apabila berhasil atau gagal, proses akan berjalan dan terdapat keterangannya. Yang menjadi permasalahan di sini. Ketika proses import database e-faktur selesai dilakukan ternyata terdapat beberapa faktur pajak yang gagal terimport. Kebanyakan gagal yang dialami oleh wajib pajak adalah error ETAX-20002 : Nomor Faktur Sudah Terdaftar. Mungkin bagi anda yang pertama kali melakukan proses ini bingung kenapa nomor faktur sudah terdaftar padahal baru saja dilakukan import.
error efaktur ETAX-20002 : Nomor Faktur Sudah Terdaftar
ETAX-20002 : Nomor Faktur Sudah Terdaftar
Dari pertanyaan wajib pajak selama ini memang kebanyakan belum mengerti mengapa nomor faktur sudah terdaftar. Melihat keterangan tersebut tentunya kita harus mengecek terlebih dahulu nomor-nomor faktur yang sudah terdaftar. Saya mencontohkan misal atas nomor faktur 010.001.17.123456 keterangan ETAX-20002 : Nomor Faktur Sudah Terdaftar. Langsung buka menu Faktur - Pajak Keluaran - Administrasi. Pada Daftar Faktur Pajak Keluaran silahkan cek atas nomor faktur 010.001.17.123456. 

Jika ada dan statusnya reject langsung hapus saja. Tetapi jika statusnya sudah sukses upload berarti sudah masuk tinggal biarkan saja. Kebanyakan yang saya dapati beberapa faktur yang sudah terdaftar memang keterangannya reject karena kebanyakan wajib pajak menginput ulang. 

Apabila sudah anda hapus, langkah selanjutnya adalah lakukan import ulang database. Cara tersebut beberapa kali saya lakukan dan memang menjadi solusi untuk nomor faktur yang sudah terdaftar dalam administrasi aplikasi e-faktur. Demikian, semoga bermanfaat.
Import Data e-Faktur Error ETAX-20002 : Nomor Faktur Sudah Terdaftar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Triwibowo

2 comments:

Falia Yasin said...

Selamat sore Pak, saya mendapat kasus seperti ini. Saya menginput faktur keluaran dan sudah approval sukses. Ternyata ada kesalahan teknis di mana karyawan lain mencopy database ketika data faktur keluaran yg tersebut belum approval sukses. Lalu karyawan tersbut melanjutkan input faktur keluaran sampai jatah nomor habis tapi belum diupload. Kemudian setelah ditemukan kesalahan faktur keluaran yang seharusnya sudah approval sukses ternyata masih belum approval, akhirnya pindah ke database lama dan input ulang. tapi setelah nomor tertentu muncul error ETAX-20002, padahal nomor tersebut masih belum terupload. apakah ada kaitannya dengan record "nomor terakhir yang dipakai faktur" di referensi nomor faktur? Apakah dengan menghapus referensi dan menginput ulang referensinya bisa memperbaiki error ini? Demikian terima kasih sebelumnya.

Triwibowo said...

yang dipake database lama ata database baru pak?
-Jika menggunakan database baru silahkan faktur-faktur yang di databse lama diekspor. Setelah itu importkan saja ke database baru. Yang mengalami ETAX-20002 dihapus saja.

Post a Comment