Solusi eSPT Error Object Variable Or With Block Not Set, Tidak Bisa Cetak dan Create CSV

Ada beberapa error aplikasi eSPT yang memang sangat membingungkan untuk diartikan errornya. Salah satu error eSPT yang menurut saya membuat bingung untuk mencari solusinya adalah Error "Object Variable Or With Block Not Set."
eSPT PPh 23 Error Object Variable Or With Block Not Set
eSPT PPh 23 Error Object Variable Or With Block Not Set
Akibat kemunculan error tersebut sangat beragam dan menjangkit beberapa aplikasi eSPT. Contohnya aplikasi eSPT PPh 4 ayat 2 yang tidak bisa cetak sekaligus tidak bisa buat CSV, eSPT PPh 23 juga tidak bisa cetak bukti potong sekaligus tidak bisa buat CSV. Mayoritas error Object Variable Or With Block Not Set dialami oleh eSPT PPh 4 ayat 2 dan eSPT PPh 23. Tetapi error tersebut juga muncul di aplikasi eSPT Tahunan PPh OP saat akan create CSV.

Kemunculan error tersebut mengakibatkan wajib pajak tidak dapat lapor SPT Masa ataupun SPT Tahunan. Penyebabnyapun saya tidak mengetahui secara pasti, apa memang aplikasi eSPT belum terinstal sempurna, apa mungkin ada karakter yang tidak diperkenankan diinput, dan/atau memang pengaturan di laptop/PCnya.

Jangan menyerah, tapi cobalah untuk menerapkan solusi ini. Backup database anda, bisa dengan cara ekspor ke dalam format CSV ataupun langsung ambil databasenya di C:\Program Files\DJP, kemudian pilih eSPTnya.

Setelah anda melakukan backup database aplikasi eSPT, langsung segera lakukan intall ulang. Uninstal terlebih dahulu baru lakukan install eSPT lagi. Diusahakan ketika melakukan install ulang, anda menggunakan installer aplikasi eSPT yang lain atau baru.

Apabila sudah berhasil melakukan instal ulang, gunakan database yang telah anda backup tadi. Buat ulang SPTnya dan coba buat CSV ataupun cetak SPTnya kembali. Demikian, semoga bermanfaat.
Solusi eSPT Error Object Variable Or With Block Not Set, Tidak Bisa Cetak dan Create CSV Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Triwibowo

No comments:

Post a Comment