Buat CSV e-Faktur Error ETAX-50004 : Tidak Dapat Membentuk File CSV

Tepat tanggal 20 November 2017, merupakan jatuh tempo terakhir pelaporan SPT Masa PPh 21, Masa Oktober 2017. Pasti seharian wajib pajak banyak yang mencari solusi terkait permasalahan eSPT terutama eSPT PPh 21. Wajar saja karena mulai akhir Oktober 2017 wajib pajak sudah diwajibkan menyampaikan SPT Masa secara elektronik atau eSPT.

Tetapi bukan aplikasi eSPT yang akan saya bahas kali ini. Saya tinggalkan dahulu eSPT dan kembali ke e-faktur.
Baca juga : Cara membuat SPT Masa PPN Nihil di e-Faktur

Untuk permasalahan error e-faktur yang akan saya bahas berkaitan dengan create CSV di aplikasi e-faktur. Sebelum anda lapor SPT Masa PPN, tentu saja Anda harus membuat softcopy berupa file CSV dan hardcopy (SPT Masa PPN) dari aplikasi e-faktur. Wajib hukumnya.

Error ETAX-50004 : Tidak Dapat Membentuk File CSV. Tanggal SPT Tidak Boleh Kosong
Error ETAX-50004 : Tidak Dapat Membentuk File CSV. Tanggal SPT Tidak Boleh Kosong

Ada wajib pajak yang akan membuat sekaligus lapor SPT Masa PPN Masa Oktober 2017 dengan status SPT "Nihil". Seperti yang kita ketahui bahwa SPT Masa PPN Nihil wajib dilaporkan, meskipun tidak ada transaksi sama sekali. Kewajiban kita hanya lapor saja.


Pada saat buat CSV di e-faktur versi 2.0 tiba-tiba muncul Error "ETAX-50004 : Tidak Dapat Membentuk File CSV. Tanggal SPT Tidak Boleh Kosong".

Dari keterangan errornyapun jika kita pahami seksama, secara jelas bahwa SPT Masa PPN yang akan dibuat belum terisi tanggal. Apabila ketika anda akan lapor SPT Masa PPN muncul error "ETAX-50004 : Tidak Dapat Membentuk File CSV. Tanggal SPT Tidak Boleh Kosong" langsung saja isi tanggal SPT. Masuk pada Formulir Induk - Lampiran VI, isi tanggal SPT. Jangan lupa untuk mencentang kelengkapan SPT (lihat gambar).

Isi Tanggal dan Kelengkapan SPT Masa PPN
Isi Tanggal dan Kelengkapan SPT Masa PPN

Baca juga : Simpan SPT Muncul Error ETAX-50003 : Tidak Dapat Membentuk SPT
Demikian solusi Error "ETAX-50004 : Tidak Dapat Membentuk File CSV. Tanggal SPT Tidak Boleh Kosong" yang dapat segera dapat anda terapkan. Meskipun hal sepele, namanya terburu-buru bisa jadi lupa. Demikian, semoga bermanfaat.
Buat CSV e-Faktur Error ETAX-50004 : Tidak Dapat Membentuk File CSV Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Triwibowo

No comments:

Post a Comment